GANDENG GAPOKTAN DAN KELOMPOK PEMUDA, PPS TALANG KECAMATAN SARONGGI ADAKAN SOSIALISASI PEMILU 2019

Insert: PPS talang saat melakukan sosialisasi pemil 2019

Saronggi, kpusumenep.go.id – Panitia Pemungutan Suara Desa Talang melakukan sosialisasi Pemilihan Umum tahun 2019 ke berbagai kelompok pemuda dan kelompok tani (gapoktan) di Desa Talang. Sosialisasi ini dilakukan sebagai salah satu tahapan yang mesti dilakukan PPS sebagai panitia penyelenggara ditingkat Desa guna meningkatkan angka partisipasi masyarakat terhadap PEMILU 2019 nanti, (21/12)

Adapun kelompok yang menjadi sasaran sosialisasi tentang pelaksanaan pemilu kali ini adalah Gapoktan Makmur Jaya yang ada di Dusun Ares Tengah, kelompok ini beranggotakan lebih dari 50 KK.

Widiyatul Fitriyah selaku Ketua PPS Desa Talang menuturkan, bahwa berdasarkan hasil koordinasi dengan PPK Saronggi kaitannya dengan pelaksanaan sosialissi pemilu 2019, salah satu metode sosialisasi pemilu 2019 adalah melalui perkumpulan masyarakat yang ada di masing masing Desa.

Widiya menambahkan, karena pada bulan desember ini bertepatan dengan pertemuan warga terkait dengan kelompok tani, maka PPS sengaja hadir untuk memberikan sosialisasi tentang pemilu 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 april nanti, dan tahapan kampanye pemilu sudah dimulai.

Dengan melakukan sosialisasi terhadap kelompok, Widiya berharap bahwa masing masing orang yang hadir di acara kelompok tani makmur jaya bisa memberikan sharing informasi PEMILU kepada keluarganya dirumah dan mendorong mereka ikut berpatisipasi aktif dalam pencoblosan nanti pada 17 april 2019.

Widiya berharap dengan adanya sosialisasi ini ada peningkatakan angka partisipasi masyarakat yang lebih signifikan pada pemilu 2019 nanti. Karena pada pemilu sebelumnya partisipasi masyarakat hanya mencapai 62 % dari jumlah DPT yang ada.

Harapan widiya di amini oleh ketua gapoktan makmur jaya H. Baihaki, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat penting bagi masyarakat karena pemilu 2019 nanti akan dilakukan secara serentak dengan pemilihan legislatif dari tingkat daerah sampai tingkat pusat dan tanpa ada sosialisasi yang maksimal masyarakat pasti merasa kebingungan saat pencoblosan karena surat suara yang akan di coblos tidak hanya satu surat suara.

Dalam sosialisasi tersebut Sudaryo selaku anggota PPS bidang sosialisasi menyatakan berjanji akan meningkatkan pemberian informasi terkait pemilu 2019 ini kepada masyarakat, baik secara formal melalui kelompok maupun informal di warung-warung kopi. Sudaryo optimis jika masyarakat terus menurus didorong dan diberi kesadaran, hasilnya partisipasi kehadiran masyarakat akan berbanding lurus dengan pelaksanaan sosialisasi tersebut (PPS Talang/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *