FERRY: ASPEK MASALAH PEMILU 2019 HARUS DIKAWAL MULAI SEKARANG

Surabaya, kpujatim.go.id – Berbagai masalah yang diprediksi bakal muncul dalam Pemilu 2019, harus diantisipasi sejak saat ini. Salah satu bentuk antisipasi yang bisa dilakukan yakni dengan cara menginventarisasi masalah, yang tentunya juga belajar dari permasalahan yang terjadi sebelumnya, yakni di Pemilu 2014 lalu. Demikian yang disampaikan narasumber Rapat Kerja Penyusunan DIM Substansi Materi Pencalonan Pemilu, Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Anggota KPU RI Periode 2012 – 2017 ini menyatakan belajar dari Pemilu 2014 lalu, ada beberapa masalah yang harus segera diantisipasi oleh seluruh jajaran KPU. Beberapa masalah seperti syarat pencalonan anggota DPRD, DPR dan DPD harus segera mungkin dipahami.

Selanjutnya, menurut pria yang akrab dipanggil Kang Ferry ini yakni terkait dengan ketentuan pencalonan oleh Partai politik (parpol) juga harus ditelaah, serta hal yang berkaitan dengan terjadinya pergantian pimpinan partai yang kadang bisa menjadi masalah.

“Juga yang berkaitan dengan jumlah keterwakilan perempuan, mendapat porsi yang cukup kuat untuk dipermasalahkan. Itulah hal-hal administratif yang sering muncul, aspeknya memang harus dikawal mulai sekarang,” urai Kang Ferry.

Dia menambahkan, beberapa masalah yang muncul seperti di atas lebih berdasarkan dari hasil pengalaman selama mengabdi di KPU RI. Dengan sudah diketahui sejak awal, setidaknya sudah ada langkah antisipasi agar selama tahapan Pemilu 2019 berjalan tidak akan menjadi dan dipersoalkan.

“Tentu dengan raker DIM seperti ini, bisa menjadi langkah antisipasi seluruh persoalan yang diprediksi bakal muncul selama tahapan Pemilu 2019 nanti,” tegasnya.

Selain mengantisipasi masalah, Kang Ferry juga berpesan agar seluruh jajaran KPU untuk tetap menjaga kepercayaan public. Baginya menjaga kepercayaan public itu ke depan mutlak untuk dilakukan dan terus dijaga. Cara menjaga kepercayaan publik minimal dengan mengedepankan transparansi, profesionalitas dan independensi.

“Dan saya optimis seluruh teman-teman KPU Kabupaten/Kota se-Jatim bisa menjaga kepercayaan publik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *