DENGAN T-SHIRT, PPK GAPURA AJAK MASYARAKAT UNTUK GUNAKAN HAK PILIH PADA PILGUB JATIM 2018

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat (parmas) pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) tahun 2018, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Kecamatan Gapura lakukan sosialisasi via t-shirt (kaos). Oleh mereka, t-shirt jalan sehat yang pernah diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep dijadikan sebagai media sosialisasi Pilgub Jatim.

“Pada waktu-waktu tertentu ketika kami beraktivitas, misalnya pergi ke pasar atau hendak menyaksikan hiburan, kami memakai kaos pemberian KPU. Dan orang yang melihat kaos kami, sedikit banyak akan tersugesti. Bermula dari pandangan, kesadaran akan terbentuk,” ujar Hozaifah, anggota PPS Desa Panagan.

Sebagaimana PPS Panagan, PPS Banjar Barat lakukan juga sosialisasi berbasis kaos JJS KPU Sumenep. Anggota PPS salah satu desa dari 17 desa di Kecamatan Gapura ini, mengagendakan memakai kaos KPU ketika hendak berbelanja ke toko maupun swalayan terdekat. Yusman, anggota PPS Banjar Barat mengemukakan, “Baik di toko atau swalayan kadang bertemu beberapa warga Kecamatan Gapura dan pastilah kaos kami dilirik. Nah, kaos menjadi kran pembuka sosialisasi Pilgub Jatim,” terangnya.

Lain halnya dengan PPS Desa Panagan dan Banjar Barat, PPS Paloloan lakukan sosialisasi via kaos di sawah-sawah terdekat. Anggota PPS Paloloan, Masjudi, sudah sejak sehari setelah dilantik “memamerkan” kaos JJS KPU di sawah miliknya saat ia menggarap lahan pertanian.

“Saya bahkan beberapa kali menyempatkan diri keliling pesawahan dan menemui para petani untuk ‘memberi tahu’ mereka golput bukan solusi. Tagline kaos ini seolah berbicara dengan siapa saja yang memandangnya,” imbuh Masjudi diselingi tawa.

Sementara itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gapura juga tak ketinggalan. Hari ini (30/12), dua anggota PPK Gapura blusukan ke Pasar Gapura dengan memakai kaos JJS KPU Sumenep.

“Hari ini kebetulan hari pasar sehingga kaos JJS yang kami pakai lebih banyak pasang mata yang akan melihat. Sebagian pedagang bahkan mengganggap kami anggota KPU yang sedang melakukan pengecekan harga-harga,” ujar Rahem, anggota PPK Gapura, penuh canda.

Perkataan Rahem dibenarkan oleh Alban, anggota PPK Gapura lainnya. Ia menambahkan, “Sosialisasi lewat kaos adalah tahap dasar sebelum nantinya PPK Gapura dan PPS se-Kecamatan Gapura melakukan sosialisasi yang terarah,” pungkas Alban. (PPK.Gapura)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *