Demokrasi; Kesejahteraan Rakyat

foto hadi

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id- Demokrasi kini dinilai oleh berbagai kalangan sebagai sistem politik dan pemerintahan terbaik saat ini. Demokrasi selalu diasosiasikan sebagai wujud kehendak rakyat, yakni suatu bentuk pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sedangkan substansi demokrasi adalah isi, inti, dan tujuan dari demokrasi yaitu kesejahteraan rakyat.

Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Abdul Hadi menuturkan, demokrasi -hampir semua kalangan- menilai demokrasi sebagai sistem politik dan pemerintahan terbaik saat ini. Bentuk  pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sedangkan substansi demokrasi dan tujuan dari demokrasi adalah kesejahteraan rakyat. “Demokrasi tidak bermakna, tanpa kesejahteraan rakyat,”. Kata Hadi kemarin (11/6) dalam acara pelatihan kader dasar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Guluk-Guluk di Aula Madrasah An-Najah Matanahair Rubaru Sumenep.

Hadi mengatakan, berdasarkan bentuk dan isinya, demokrasi terbagi atas demokrasi prosedural dan substantif. Prosedur merujuk kepada bentuk, proses, struktur, dan bagaimana demokrasi ini dijalankan. Pemilihan umum (Pileg), pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung merupakan salah satu bagian aspek prosedur.

Menurut Hadi, sedangkan substansi demokrasi adalah isi, inti, dan tujuan dari demokrasi itu sendiri yaitu kesejahteraan rakyat. Dalam perjalanannya, seiring dengan semakin membaiknya prosedur demokrasi di Indonesia,  substansi demokrasi mendekati tujuan yang diharapkan, kesejahteraan rakyat.

Hal ini terbukti. sejak era reformasi 1998, Indonesia telah melaksanakan pemilu secara langsung baik di tingkat nasional maupun daerah. Prosedur telah dilaksanakan secara formal, hasilnya pemilu telah melahirkan pemimpin-pemimpin yang baik. Lalu yang formal-prosedural itu memberikan kesempatan kepada pemimpin-pemimpin yang terpilih untuk mensejahterakan rakyatnya. Pungkas Hadi. (Hr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *