DEMI SUKSESNYA PILGUB JATIM PPS JURUAN DAYA DATANGI PARA PENDEKAR PENCAK SILAT

Insert: PPS Juruan Daya saat sosialisasi Pilgub Jatim 2018

Batuputih, kpud-sumenepkab.go.id –Panitia Pemungutan Suara (PPS) bersama Sekretariat PPS Desa Juruan Daya melaksanakan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur bagi Pemilih Pemula bertempat di halaman Padepokan Pencak Silat di Desa Juruan Daya Kecamatan Batuputih. Selasa (03/04).

Kegiatan Sosialisasi yang dimulai jam 15.00 WIB ini diikuti oleh beberapa perserta yang terdiri dari Remaja pesilat (PSHT) yang berada di Desa Juruan Daya, karena Pemilih Pemula yang rata rata  berumur 17 tahun kebanyakan dari mereka adalah pemuda yang aktif dikegiatan pencak silat atau bisa disebut dengan Atlit . seperti diketahui bahwa Desa Juruan Daya terutama bagian timur meliputi Dusun Panjalin, Gaccereng dan Mungguk rata rata masyarakatnya sangat mengemari seni bela diri, termasuk para pemuda nya.

Wasli, selaku staf PPS Desa Juruan Daya yang sekaligus bertindak sebagai Pelatih dalam kegiatan organisasi pesilat ini (PSHT) serta sebagai Bendahara dalam organisasi tersebut (PSHT Ranting Batuputih) menyampaikan, bahwa batas usia minimal untuk mendapatkan hak memilih sebagaimana dijelaskan dalam PKPU nomor 2 tahun 2017 adalah berumur 17 tahun. “Maka dari itu, siswa siswi pesilat atau atlit yang sudah mencapai umur 17 tahun atau minimal lahir pada tanggal 27 Juni 2001, hendaknya menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, dengan catatan harus melengkapi persyaratan-persyaratan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP elektronik atau Surat Keterangan dari Dispendukcapil” Jelasnya.

Selain itu Wasli juga menambahkan, bahwa nanti saat memilih salah satu pasangan Calon harus sesuai dan berdasar hati nurani, bukan karena uang, barang atau iming-iming lainnya. “Hal itu kita sampaikan, agar siswa-siswi pesilat lebih bisa belajar selektif, jujur dan adil dalam memilih salah satu Paslon, dan itu penting dimulai dari Pemilih Pemula”. Tegasnya.

Selanjutnya, Mohdi staf PPS yang membidangi sosialisasi dan hukum, memberikan contoh dan simulasi pada peserta yang sudah memenuhi syarat mencapai umur 17 tahun tentang proses Pendaftaran, Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih yang sudah dilakukan oleh PPDP.

Di penghujung acara dilakukan sesi dialog/tanya jawab antar siswa siswa pesilat dan permateri, kegiatan Sosialisasi bagi Pemilih Pemula ini berakhir pukul 16.30 WIB dengan sukses dan lancar. (leeterate)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 1 =