DEMI PENINGKATAN DEMOKRASI, RELAWAN DEMOKRASI SIAP MENJADI MITRA KPU

Surabaya, kpujatim.go.id – Ditemui usai mengikuti Jambore Komunitas Demokrasi, yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), dua relawan demokrasi KPU Jatim, Dian Wahyu Putri dan Hotijah nyatakan siap menjadi mitra KPU dalam meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih melalui sosialisasi serta pendidikan pemilih berkelanjutan. Mereka menyatakan siap menjadi mitra KPU demi peningkatan demokrasi di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Dian Wahyu Putri menuturkan jika berdasarkan hasil Jambore Demokrasi tanggal 15 sampai dengan 17 Agustus 2017, di hotel Neo, Bogor diperoleh kesepahaman jika keberadaan relawan demokrasi untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilu. “Posisi relawan demokrasi untuk saat ini bukan sebagai sayap atau badan resmi dari KPU. Melainkan sebagai komunitas yang mengajak dan menyadarkan akan pentingnya hak suara pemilih dalam pemilihan. Gerakan menanamkan kesadaran ini dimulai dari kelompok terkecil Kita seperti keluarga, komunitas, organisasi dan berlanjut meluas ke masyarakat,” papar Dian (18/08/2017).

Ke depan, menurut Dian, sebagai relawan demokrasi, ia siap menjadi mitra KPU dalam peningkatan demokrasi di Indonesia. “Kami akan selalu siap bila dilibatkan dalam sosialisasi terkait pentingnya pemilu dan demokrasi. Meskipun Kami tidak memiliki struktur resmi,” tegas relawan demokrasi asli Pacitan ini.

Sementara itu, delegasi KPU Jatim lainnya dalam Jambore Demokrasi, Hotijah, menyampaikan bahwa dalam Jambore disampaikan pembentukan relawan atau komunitas pemilu dan demokrasi merupakan salah satu implementasi dari misi KPU yakni meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih. “Jadi, berangkat dari keinginan Saya untuk ikut serta meningkatkan kualitas demokrasi dan berdasarkan misi awal KPU tersebut, maka Saya nyatakan siap membantu menyukseskannya pemilu dan siap menjadi mitra KPU dalam hal ini,” ucap Hotijah.

Melihat semangat para relawan demokrasi ini, staf Subbagian Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Ummi Padilah, yang ikut mendampingi relawan dalam acara Jambore di Bogor, merasa senang sekali dan memberikan apresiasi. “Melihat semangat dan kesungguhan mereka, perlu Kita berikan apresiasi. Karena mereka adalah generasi-generasi muda yang peduli kepada kemajuan negara dan bangsanya. Dan Saya yakin semangat ini juga dimiliki oleh seluruh relawan demokrasi KPU Jatim,” kata Ummi.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *