COKLIT SIANG DAN MALAM, TEGAKKAN DEMOKRASI JALIN SILATURRAHIM

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id – Bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Desa Gapura Tengah, melakukan coklit data adalah tugas mulia sekaligus utama, mereka melaksanakan tugasnya tanpa kenal waktu, karena diyakini bahwa tugas pemutakhiran data tidak hanya sebatas tugas formal yang diberikan oleh KPU melalui PPK dan PPS kepada PPDP, melainkan juga dijadikan sebagai media silaturrahmi (27/1).

Syaiful Bahri, salah seorang petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) mengakui bahwa tugas yang diembannya ternyata berdampak ganda, selain tugas sebagai pendataan pemilih di pilgub jatim Juni mendatang, dia juga bisa bersilaturrahmi dengan masyarakat, khususnya di TPS 004 Dusun Panele Desa Gapura Tengah yang menjadi wilayah tugasnya. “Alhamdulillah, saya dipercaya menjadi putugas coklit, sehingga saya bisa bersilaturrahmi dengan tetangga saya, dan saya bisa tahu langsung keberadaan dan kebutuhan masyarakat, khususnya terkait dengan pentingnya administrasi kependudukan. Karena Banyak warga masyarakat yang masih menyepelekan adanya e-KTP maupun KK”. Ucapnya sambil tersenyum puas.

Selain itu juga, menurut Syaiful, warga di dusunnya banyak yang bekerja di sawah sehinga dia harus mendatangi rumah warga pada malam hari untuk melakukan pencoklitan. Baginya, waktu tidaklah menjadi masalah baik siang ataupun malam, yang penting dia bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Jika malam hari saya bisa sambil mengontrol keamanan warga. Lebih dekat dengan warga bagi saya adalah salah satu cara dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilgub nanti”. Imbuhnya.

Sebagaimana telah dihimbau dalam bimtek kemarin oleh Ah. Qushairi, anggota PPK Gapura Div. Sosialisasi dan Parmas, partisipasi masyarakat dalam pemilu terakhir masih dalam angka 56 % Sehingga kami harus bekerja maksimal untuk mencapai target yang diberikan PPK yakni 80% lebih. (ARB-Gapura/ZW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *