KPU Selenggarakan Diklat Modul BRIDGE

(Foto Alumni Diklat BRIDGE angkatan MT-17, Ketua KPU Kabupaten Sumenep Bapak Thoha Shamadi, ST, MH berada di baris depan urutan 5 dari kiri memegang angka “1”)

Program Diklat Modul BRIDGE angkatan MT-17 di selenggarakan pada tanggal 21 – 24 Mei 2012 di Hotel Equator Surabaya. Diklat tersebut diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari KPU Kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur, KPU Kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Utara, dan KPU Kabupaten/kota Provinsi Papua. Dari KPU Kabupaten Sumenep yang mengikuti Diklat Bridge tersebut adalah Bapak Thoha Shamadi, ST, MH selaku Ketua KPU Kabupaten Sumenep.

Program BRIDGE – Building Resources in Democracy, Government, and Elections (Membangun Sumber Daya dalam Demokrasi, Pemerintahan dan Pemilu) – adalah program pengembangan profesional berbasis modul yang berfokus pada proses pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Sumenep, Bapak Thoha Shamadi, ST, MH  mengatakan bahwa Diklat Modul BRIDGE ini sangat bagus dan bermanfaat untuk kemajuan pemilihan umum di Indonesia. Apalagi ada pembicara dari Australian Electoral Commission (AEC) Patrick Satie yang memberikan pengalaman mengenai pelaksanaan pemilu diAustralia termasuk tata cara penghitungan suara dan sistem pemilu yang diselenggarakan di Australia. Hal ini tentunya akan menambah pengetahuan dan wawasan bagi penyelenggaraan pemilu di Indonesia.  Bapak Thoha Shamadi, ST, MH juga mengatakan bahwa hasil dari diklat tersebut akan di implementasikan ke seluruh jajaran baik di komisioner maupun di sekretariat KPU Kabupaten Sumenep supaya dapat menjadi penyelenggara pemilu yang lebih baik, profesional, dan kredibel sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena sejak awal dari KPU mulai dibentuk, tidak pernah ada pendidikan dan pelatihan semacam itu. Dan hal ini memungkinkan bahwa kedepan ilmu ini akan ditularkan kepada Panitia Pengawas Kecamatan(PPK) dan panitia penyelenggara pemilu yang lain.

Adapun modul BRIDGE yang diberikan meliputi : Pengantar administrasi pemilu, Pendaftaran pemilu, Pendidikan Pemilih, Perencanaan dan Penyelenggaraan Strategis. Tujuan dari Diklat Modul BRIDGE yakni : Untuk mendorong penggunaan prinsip-prinsip pemilu yang diterima secara internasional, Untuk meningkatkan kapasitas pelaksana pemilu dalam melaksanakan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien, Untuk mengembangkan profesionalitas dan integritas pelaksana pemilu, Untuk membangun tim dan jejaring baik didalam lingkungan penyelenggara pemilu maupun komunitas yang lebih luas. Program ini diinisiasikan oleh 5 organisasi di bidang demokrasi dan pemerintahan yaitu: Australian Electoral Commission (AEC), International IDEA, International Foundation Electoral System (IFES)United Nations Development Programme (UNDP), dan United Nations Electoral Assistance Division (UNEAD).

Program BRIDGE ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman prinsip-prinsip manajemen pemilu di antara para pejabat KPU serta meningkatkan pengetahuan teknis mereka tentang proses manajemen pemilu. (ath-kpu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *