KPU Kabupaten Sumenep Menyusun Berita Acara dan Mengumumkan Hasil Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2014

Hari Senin tanggal 26 November 2012, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep menyampaikan hasil verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu tahun 2014 dalam bentuk Berita Acara yang tertuang dalam Model F8-Parpol beserta lampirannya. Rapat ini dihadiri oleh pimpinan 16 partai politik yang di verifikasi faktual pada 30 Oktober s/d 24 November 2012 lalu. Rapat ini juga dihadiri oleh Panwaslu Kabupaten Sumenep.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Sumenep Bapak Thoha Shamadi, ST, MH menyampaikan hasil verifikasi faktual, dari 16 partai politik yang diverifikasi faktual ada sebanyak 8 partai politik yang memenuhi syarat dan tidak perlu lagi melakukan perbaikan yaitu GOLKAR, PAN, GERINDRA, DEMOKRAT, PDI-P, PKS, NASDEM, PBB. Sedangkan sisanya 8 partai politik yang harus melakukan perbaikan yaitu HANURA, PKB, PPP, PKPI, PPN, PPRN, PKBIB, PDP. Beliau juga menyampaikan kepada partai politik yang harus melakukan perbaikan, diharapkan dapat memanfaatkan waktu perbaikan selama 7 hari dengan sebaik-baiknya, yaitu pada tanggal 27 November s/d 3 Desember 2012.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan penjelasan teknis dari Bapak Ali Fikri, S.Ag selaku Anggota KPU Kabupaten Sumenep Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan partai politik yang harus melakukan perbaikan. Ada 3 item yang perlu diperbaiki oleh partai politik, yaitu mengenai SK Kepengurusan partai politik yang menyertakan keterwakilan perempuan minimal 30%, domisili kantor tetap partai politik, dan syarat minimal keanggotaan partai politik. Terkait dengan masalah keterwakilan perempuan, beliau juga menyampaikan bahwa menurut Undang-undang nomor 8 Tahun 2012 tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD, partai politik harus memperhatikan keterwakilan perempuan 30% di struktur kepengurusan partai politik. Apabila partai politik ada yang tidak dapat memenuhi hal tersebut, partai politik harus membuat surat pernyataan dalam bentuk Model F13-Parpol yang memuat alasan partai politik tidak dapat memenuhi ketentuan minimal 30% keterwakilan perempuan. Bahwasanya partai politik sudah membuat surat pernyataan dalam bentuk Model F13-Parpol, dalam Berita Acara Hasil Verifikasi Faktual partai politik tersebut tetap dinyatakan tidak memenuhi dalam hal keterwakilan perempuannya.

Sebelum rapat ditutup, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep menyampaikan secara formal Berita Acara Hasil Verifikasi Faktual Partai Politik kepada semua pimpinan partai politik. Berita Acara Hasil Verifikasi Faktual Partai Politik tersebut dibuat rangkap 4 dan diberikan kepada partai politik, KPU Provinsi, KPU Pusat, dan Panwaslu Kabupaten Sumenep.

Pada malam harinya di hari yang sama, ada supervisi oleh KPU Provinsi Jawa Timur mengenai Hasil Verifikasi Faktual yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumenep. Supervisi ini dilakukan oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur yaitu Bapak Najib Hamid dan Ibu Sayekti selaku koordinator wilayah IV. (ath-KPU)

Foto : Supervisi yang dilakukan oleh KPU Provinsi Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *