Rapat Kerja PPK dan Bimbingan Teknis Pemutahiran Data Pemilih

Pemutahiran Data Pemilih pada Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014 benar-benar mengharuskan penyelenggara pemilu untuk bekerja lebih ekstra keras lagi supaya output yang dihasilkan lebih sempurna dari pemilu sebelumnya. Untuk pemutahiran data kali ini telah difasilitasi oleh KPU RI dengan adanya Sistem Informasi Pendataan Pemilih (SIDALIH) yang dapat diakses oleh seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan masih adanya berbagai daerah yang kesulitan mengakses maupun tidak ada jaringan internet akhirnya KPU RI menyiapkan aplikasi SIDALIH Portabel dalam bentuk program offline. Sedari menunggu manual penggunaan aplikasi SIDALIH Portabel, hari ini KPU Kabupaten Sumenep mengadakan rapat sekaligus bimbingan teknis mengenai pemutahiran data pemilih kepada PPK se-Kabupaten Sumenep. KPU Kabupaten Sumenep juga mewajibkan kepada PPK untuk kemudian melaksanakan bimbingan teknis kepada PPS mengenai hal tersebut sebelum pelaksanaan pemutahiran data pemilih dilakukan oleh Pantarlih.

Selain masalah pemutahiran data pemilih, KPU Kabupaten Sumenep juga melakukan supervisi mengenai proses verifikasi administrasi dan faktual terhadap berkas dukungan calon perseorangan pada Pemilukada Provinsi Jawa Timur. (ath-KPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *