Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Tata Cara Penetapan Daerah Pemilihan Dan Alokasi Kursi Setiap Daerah Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2014

Setelah diterbitkannya Peraturan KPU Nomor 05 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penetapan Daerah Pemilihan Dan Alokasi Kursi Setiap Daerah Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2014, pada tanggal 25 Februari 2013 bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep, KPU Sumenep mengadakan Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 05 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penetapan Daerah Pemilihan Dan Alokasi Kursi Setiap Daerah Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2014.

Dalam sosialisasi kali ini, KPU Sumenep mengundang pihak-pihak yang terkait yaitu Panwaslu dan para pimpinan 10 Partai Politik peserta Pemilu Legislatif 2014. Tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut adalah untuk memberi pemahaman kepada pimpinan partai politik peserta pemilu di Sumenep tentang tata cara penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi di kabupaten Sumenep.

Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB tersebut, dibuka langsung dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten Sumenep dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua KPU Kabupaten Sumenep Bapak Thoha Shamadi, ST, MH. Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Sumenep Bapak Thoha Shamadi, ST, MH mengungkapkan bahwa wacana penataan dapil ini sudah mulai mengemuka ketika dilakukan pembahasan secara internal di KPU karena peraturan tentang penataan dapil belum ada, dan ada salah satu media yang memberitakan hal ini melalui media cetak sehingga menjadi bahan pembicaraan semua pihak yang berkepentingan. Dan setelah diterbitkannya Peraturan KPU Nomor 05 Tahun 2013,  maka peraturan tersebutlah yang menjadi pedoman KPU Kabupaten Sumenep dalam penataan dapil kali ini. Dan nanti pada hari rabu (27/2/2013), KPU Sumenep akan mengundang lagi para parpol dan pihak yang berkepentingan dalam rangka kelanjutan dari acara ini. Dalam kegiatan tersebut nanti, KPU SUmenep akan memberikan ruang kepada partai politik peserta pemilu untuk memberi masukan secara tertulis tentang penataan dapil.

Setelah sambutan dari Ketua KPU Sumenep, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh Bapak Moh. Ilyas, S.Pd selaku anggota Komisioner KPU Sumenep sekaligus mensimulasikan penataan dapil berdasarkan ketentuan perundang-undangan, dan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan partai politik dan Panwaslu mengenai penataan dapil yang didasarkan dengan DAK2. (hwa-KPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *