Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 01 tahun 2013 dan Penandatanganan MoU Menjaga Ketertiban, Keamanan, dan Kenyamanan Selama Masa Kampanye oleh Partai Politik Peserta Pemilu Legislatif 2014

Pada hari selasa tanggal 22 Januari 2013, KPU Kabupaten Sumenep mensosialisasikan Peraturan KPU Nomor 01 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Acara ini digelar di ruang rapat KPU Kabupaten Sumenep dan dihadiri oleh Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu 2014, Ketua Panwaslu Kabupaten Sumenep beserta anggota, Kapolres Sumenep yang diwakili oleh Wakapolres Sumenep, Perwakilan dari Satpol PP Kabupaten Sumenep, Perwakilan dari PWI Sumenep, serta Perwakilan dari Media cetak, online, dan elektronik yang berada di Kabupaten Sumenep.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Sumenep Thoha Shamadi, ST, MH. Beliau menyampaikan bahwa betapa pentingnya acara ini karena kampanye partai politik peserta pemilu sudah bisa dilaksanakan sejak 3(tiga) hari setelah partai politik ditetapkan sebagai peserta pemilu. Dalam kampanye pemilu legislative 2014 ada perbedaan yang mendasar, yakni tahapan kampanye yang begitu panjang yang bisa digunakan oleh partai politik peserta pemilu untuk menyampaikan visi, misi, program, dan informasi lainnya. Beliau juga mengingatkan kepada partai politik peserta pemilu untuk bersama sama menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan selama masa kampanye.

Kemudian sambutan berikutnya oleh Wakapolres Sumenep. Dalam sambutannya beliau juga menghimbau kepada partai politik untuk senantiasa menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan selama masa kampanye berlangsung. Beliau juga mengingatkan kepada partai politik peserta pemilu untuk memberitahukan kegiatan kampanye dalam bentuk apapun kepada pihak kepolisian paling lambat 7(tujuh) hari sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bagi semua pihak terutama masyarakat.

Sambutan yang terakhir oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Sumenep, Zamrod Khan, SH menyampaikan bahwa kampanye partai politik peserta pemilu sudah diatur dengan jelas di peraturan KPU Nomor 01 Tahun 2013. Beliau juga menyampaikan kepada partai politik peserta pemilu untuk menggunakan masa kampanye dengan sebaik-baiknya dengan memperhatikan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Nota Kesepahaman untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan selama masa kampanye oleh KPU Kabupaten Sumenep, Panwaslu Kabupaten Sumenep, dan 10(sepuluh) partai politik peserta pemilu legislative 2014. Setelah penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan pemasangan bendera partai politik peserta pemilu di depan kantor KPU Kabupaten Sumenep secara serentak guna menunjukkan keberadaan partai politik peserta pemilu legislatif 2014.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang Peraturan KPU Nomor 01 Tahun 2013 oleh Hidayat Andyanto, SH, M.Si selaku anggota KPU divisi Hukum, Pengawasan, SDM, dan Organisasi. Beliau menyampaikan penjelasan mengenai bagaimana pelaksanaan kampanye untuk pemilu legislative 2014, tentang apa hak dan kewajiban peserta pemilu selama kampanye, metode kampanye yang boleh dilakukan, bagaimana cara pemasangan iklan di media, larangan-larangan selama masa kampanye, dan sanksi-sanksi apa yang akan diberikan ketika terjadi pelanggaran. (ath-KPU)

Foto Penandatanganan MoU oleh Partai Politik Peserta Pemilu Legislatif 2014

Foto Pemasangan Bendera Partai Politik Peserta Pemilu Legislatif 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *