Rapat Koordinasi dan Monitoring Perbaikan NKK/NIK Pada Daftar Pemilih Dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep mengundang Ketua dan Anggota Divisi Pemutahiran Data Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mengetahui hasil dari perbaikan NKK/NIK setelah dilakukan kerjasama dengan UPT Dukcapil di tingkat Kecamatan.

Dalam acara tersebut masing-masing kecamatan melaporkan hasil pencarian NKK/NIK setelah dilakukan verifikasi faktual dan pencarian NIK bersama operator SIAK di UPT Dukcapil. Ada beberapa kecamatan yang sudah selesai dalam pencarian NKK/NIK tersebut, dan dari beberapa daftar pemilih ditemukan telah meninggal dunia, beberapa ganda, pindah domisili, dan tidak dikenal.

Setelah dibuat berita acara perbaikan NIK/NKK oleh PPS, kemudian Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan mulai upload NKK/NIK yang telah ditemukan dalam Daftar Pemilih melalui program aplikasi SIDALIH.

Sesuai dengan tahapan perbaikan NKK/NIK dalam surat edaran Koomisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 756KPU/XI/2013 perihal Perbaikan NIK Invalid, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep mengagendakan acara pertemuan dengan Dispendukcapil Kabupaten Sumenep untuk membahas dan menyerahkan data pemilih yang benar-benar tidak memiliki NKK/NIK kepada Dispendukcapil Kabupaten Sumenep berdasarkan berita acara yang dibuat oleh PPS yang ditandatangani bersama PPS dan Rides. Berita acara tersebut diperkuat dengan Surat Keterangan dari Kepala Desa yang menerangkan bahwa nama-nama pemilih tersebut benar-benar warganya yang tidak memiliki NKK/NIK. (ath-KPU)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *