Verfikasi Faktual Kepengurusan, Keterwakilan Perempuan, Domisili Kantor Tetap, dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2014

KPU Kabupaten Sumenep telah melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor tetap, dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2014. Jumlah partai politik yang di verifikasi faktual ada 16 dimana partai tersebut adalah yang lolos verifikasi administrasi yang di umumkan oleh KPU pusat pada 28 Oktober 2012 lalu. Verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumenep dibagi menjadi 2 (dua) tim, dimana tim pertama adalah para Komisioner yang bertugas untuk memverifikasi masalah kepengurusan, keterwakilan perempuan dan domisili kantor tetap, sedangkan tim yang kedua adalah dari Sekretariat yang bertugas untuk memverifikasi keanggotaan partai politik yang tersebar di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Sumenep baik yang di daratan maupun di kepulauan.

Ada temuan yaitu salah satu partai politik dimana pada saat verifikasi faktual di datangi kantornya ternyata tidak ada, sehingga KPU Kabupaten Sumenep tidak dapat melakukan verifikasi terhadap kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan domisili kantor tetapnya. Kemudian tindak lanjut dari temuan ini adalah KPU Kabupaten Sumenep melayangkan surat terhadap partai politik tersebut untuk menghadirkan kepengurusannya beserta keterwakilan perempuannya, serta dokumen yang harus disertakan.

Selain hal tersebut, ada juga hal lain yang ditemukan pada saat verifikasi faktual keanggotaan partai politik. Yaitu ada beberapa partai politik yang tidak mencantumkan alamat yang jelas pada KTA (Kartu Tanda Anggota), sehingga petugas verifikasi tidak dapat menemukan anggota partai politik yang bersangkutan. Petugas verifikasi faktual sudah berusaha mencari dengan cara menanyakan secara langsung maupun lewat telepon kepada tokoh masyarakat, kepala/perangkat desa di beberapa daratan/kepulauan, serta mencari di data yang dimiliki oleh KPU Kabupaten Sumenep, ternyata alamat yang tertera di KTA tetap tidak dapat di identifikasi. Terhadap nama nama anggota partai politik yang alamatnya tidak bisa ditemukan/di identifikasi dan yang tidak berhasil ditemui karena yang bersangkutan tidak ada ditempat, KPU Kabupaten Sumenep memberitahukan kepada partai politik yang bersangkutan secara tertulis untuk menghadirkan anggotanya kepada KPU Kabupaten Sumenep. Hal ini sesuai dengan peraturan KPU nomor 12 tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pendaftaran, Verifikasi, Dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

KPU Kabupaten Sumenep masih memberikan kesempatan kepada partai politik untuk menghadirkan pengurus, keterwakilan perempuan, dokumen domisili kantor tetap, dan anggota partai politik ke KPU Kabupaten Sumenep yang pada saat diverifikasi faktual tidak ada/tidak dapat ditunjukkan sampai berakhirnya masa verifikasi faktual yaitu tanggal 24 November 2012. (ath-KPU)

Foto-foto pada saat Verifikasi Faktual:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *