Pengecekan dan Penataan Inventarisasi Kotak Suara dan Bilik Suara Dalam Rangka Persiapan Pemilihan Gubernur Tahun 2013

Dalam rangka persiapan Pemilihan Gubernur mendatang yang rencananya diselenggarakan pada tahun 2013, KPU Kabupaten Sumenep melakukan pemeriksaan dan penghitungan ulang terhadap persediaan kotak suara dan bilik suara.

Dijelaskan oleh Bapak Moh. Ilyas, S.Pd selaku Komisioner KPU divisi Logistik Pemilu, bahwa persediaan kotak suara dan bilik suara di gudang KPU Kabupaten Sumenep, sebagian besar masih dalam kondisi baik dan layak untuk dipergunakan. Adapun keseluruhan kotak suara dan bilik suara tersebut di periksa dan dihitung kembali, kemudian dipersiapkan guna menyongsong Pemilihan Gubernur pada tahun 2013. Kegiatan seperti ini adalah bagian dari tugas rutin yang dilakukan setiap 6(enam) bulan sekali, hal ini untuk mengantisipasi hilangnya kotak suara dan bilik suara seperti yang terjadi di KPU kabupaten/kota yang lain. Alhamdulillah di Kantor KPU Kabupaten Sumenep, semua inventaris KPU baik di gudang maupun secara administrasi tersimpan secara rapi dan aman.

Penghitungan dan penataan kotak suara maupun bilik suara dilakukan selama 4 hari dan memperoleh hasil bahwa jumlah keseluruhan kotak suara adalah 12.477 pcs dimana 11.776 pcs dalam keadaan baik, dan 701 pcs dalam keadaan rusak. Sedangkan jumlah keseluruhan bilik suara adalah 10.804 pcs dimana 10.788 pcs dalam keadaan baik, dan 16 pcs dalam keadaan rusak. (ath-kpu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *