KPU Kabupaten Jombang Belajar Pemilukada di KPU Kabupaten Sumenep

KPU Kabupaten Sumenep merupakan salah satu penyelenggara pemilu yang melaksanakan pemilukada sebanyak 2 putaran yang berjalan dengan sukses. Hal ini ternyata menarik perhatian banyak pihak khususnya KPU Kabupaten/Kota lain yang akan menyelenggarakan pelimukada dalam waktu dekat. Seperti KPU Kabupaten Jombang yang pada hari selasa tanggal 7 Agustus 2012 mengadakan kunjungan ke kantor KPU Kabupaten Sumenep untuk melakukan konsultasi mengenai pelaksanaan pemilukada di Kabupaten Sumenep.

Rapat dibuka oleh Bapak Mohammad Ilyas, S.Pd selaku anggota KPU mewakili Bapak Thoha Shamadi, ST, MH yang berhalangan hadir pada hari itu. Dalam sambutannya beliau memperkenalkan para komisioner, sekretaris, dan staf KPU Kabupaten Sumenep yang hadir pada pertemuan tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa pertemuan tersebut dapat dikatakan sebagai silaturahim sekaligus bertukar informasi sehingga menjadi bekal dalam pelaksanaan pemilu di masa mendatang.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari KPU Kabupaten Jombang yang diwakili oleh Bapak Drs. Machwal Huda, M.Si selaku komisioner KPU Kabupaten Jombang divisi sosialisasi. Beliau menyampaikan bahwa mengapa memilih KPU Kabupaten Sumenep sebagai tujuan kunjungannya, yaitu dikarenakan KPU Kabupaten Sumenep merupakan salah satu penyelenggara pemilu di Jawa Timur yang pernah melakukan pemilukada sebanyak 2(dua) putaran. Beliau juga mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut adalah silaturahim, dan konsultasi mengenai bagaimana pelaksanaan pemilukada pada putaran 2 di Kabupaten Sumenep.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai pelaksanaan pemilukada Kabupaten Sumenep tahun 2010. Sebagai narasumber yaitu Bapak Hidayat Andyanto, SH, MH, Bapak Ali Fikri, S.Ag, dan Bapak Mohammad Ilyas, S.Pd selaku anggota KPU Kabupaten Sumenep. Permasalahan yang dibahas adalah mulai dari pendaftaran calon perseorangan, teknis pelaksanaan pemilukada putaran 1, kampanye, pengadaan logistik, gugatan hasil pemilu dan  tindakan apa yang harus dilakukan, dan bagaimana pelaksanaan pemilukada putaran 2.

Sebelum pertemuan diakhiri, Bapak Mohammad Ilyas, S.Pd menyampaikan permohonan maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam penyambutan tim KPU Kabupaten Jombang. Dan beliau juga menyampaikan semoga pertemuan tersebut membawa manfaat untuk semua pihak. (ath-kpu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *