KPU Kabupaten Probolinggo Belajar Pemilukada di KPU Kabupaten Sumenep

Kesuksesan Pelaksanaan Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah) yang dihelat oleh KPU Kabupaten Sumenep, ternyata banyak menarik perhatian dari KPU Kabupaten/Kota lainnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya KPU Kabupaten lain yang belajar mengenai pelaksanaan Pemilukada di KPU Kabupaten Sumenep, seperti KPU Kota Bandung, KPU Kabupaten Bangkalan, KPU Kabupaten Pamekasan, serta KPU Kabupaten Probolinggo yang pada Hari Selasa tanggal 6 Desember 2011 melakukan kunjungan ke KPU Kabupaten Sumenep untuk melakukan konsultasi dan koordinasi mengenai pendaftaran calon independen beserta persyaratan-persyaratannya dan hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilukada.

Rapat dibuka oleh Bapak Jazuli Muthar, S.Ag selaku anggota KPU mewakili Ketua KPU Bapak Thoha Shamadi yang pada hari itu berhalangan hadir. Dalam sambutannya, beliau memperkenalkan para Komisioner, Sekretaris, dan Staf KPU Kabupaten Sumenep yang hadir pada saat itu. Beliau juga menjelaskan secara singkat tentang gambaran pelaksanaan Pemilukada yang dihelat oleh KPU Kabupaten Sumenep.

Kemudian Bapak H.M. Jakfar Shodiq selaku anggota KPU Kabupaten Probolinggo juga memperkenalkan diri bahwa yang hadir pada hari ini adalah Bapak Isfak Yulianto, Bapak Habibullah, Bapak Purnomo, dan Bapak Misdianto. Rombongan KPU Kabupaten Probolinggo menyampaikan maksud dari kunjungan ini adalah sebagai sarana silaturahmi dengan maksud sekalian menimba ilmu dari pengalaman KPU Kabupaten Sumenep dalam melaksanakan Pemilukada yang dihelat pada tahun 2005 dan tahun 2010 lalu. Pemilukada Sumenep dinilai berlangsung dengan baik dan sukses, maka diharap bisa berbagi pengalaman dengan KPU Kabupaten Probolinggo yang juga akan melaksanakan Pemilukada di waktu akan datang.

Selanjutnya acara dilanjutkan oleh Bapak Ali Fikri, S.Ag selaku anggota KPU Kabupaten Sumenep. Beliau menjelaskan mengenai tata cara pendaftaran calon independen dalam Pemilukada. Kemudian dalam musyawarah terjadi tanya jawab tentang identifikasi dan solusi masalah, karena lebih banyak masalah teknis dilapangan yang dapat menjadi kendala pada saat pelaksanaan Pemilukada. Bapak Ali Fikri juga menjelaskan bahwa keberhasilan Pemilukada di Kabupaten Sumenep itu tergantung dari pengawasan terhadap pihak PPK dan PPS di lapangan, supaya tetap melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Sebelum musyawarah ditutup, Bapak Jazuli menyampaikan permohonan maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam penyambutan tim KPU Kabupaten Probolinggo. Dan semoga silaturahmi ini membawa manfaat untuk semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *