BENTUK PPDP, PPK DUNGKEK GELAR BIMTEK KEPADA PPS

Dungkek, kpud-sumenepkab.go.id – Bimbingan Teknis kali kedua yang dilaksanakan PPK Dungkek pada hari ini sabtu (30/12) bertempat di sekretariat PPK, Desa Romben Barat Kec. Dungkek adalah soal pembentukan PPDP. Acara bimtek kali ini dihadiri seluruh ketua dan Anggota PPS se-Kecamatan Dungkek.

Ketua PPK Dungkek, Rusni menjelaskan syarat-syarat dan kriteria PPDP. Suasana yang awalnya adem dan hening berubah. “Pada sesi tanya jawab, PPS banyak yang menanyakan kriteria calon PPDP yang tidak memenuhi ketentuan syarat minimal berijazah SLTA,” tuturnya.

Rasuki, anggota PPK divisi sosialisasi yang juga sebagai Dosen STIT Alkarimiyah, menegaskan bahwa jika calon PPDP tidak berijazah SLTA, maka harus bisa membaca dan menulis. Tentu ukuran baca dan tulis sesuai dengan era sekarang, mampu membaca perkembangan.

Lain dari itu, pihaknya memyampaikan bahwa massifnya sosialisasi pada masyarakat penting dalam rangka meningkatkan jumlah pemilih atau mengurangi, menepis masyarakat golput pada Pilgub mendatang.

Dia juga berharap agar PPS bekerja efektif dan mengikuti prosedur yang telah diberikan KPU sumenep melalui PPK Dungkek. Sehingga merupakan hal mendesak bagi para PPS untuk segera membangun komunikasi baik dengan masyarakat, lebih-lebih pada kepala Desa sebagai bagian dari pendidikan demokrasi perihal Pilgub mendatang. Pengenalan demokrasi harus merata pada kalangan masyarakat, mulai dari kalangan tua hingga pemilih muda dan pemula.

“Pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan melakukan penggunaan hak pilihnya. Pemilih pemula terdiri dari masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih,” paparnya.

Bekaitan dengan hal itu, Imam, salah satu PPS Lapa Daya menyatakan siap bekerja efektif atas instruksi PPK. “Saya siap menyososialisasikan, baik melalui Organisasi kepemudaan (OKP) dan Ormas. Sebab hal demikian merupakan satu usaha penyadaran pada masyarakat terkait pesta demokrasi bisa berjalan mulus,” tuturnya.

Hal serupa, juga disampaikan PPS Tamansare bahwa ukuran keberhasilan pesta demokrasi dapat ditandai dengan meningkatnya jumlah pemilih. Kesadaran masyarakat untuk menggunakan haknya sebagai pemilih, juga bergantung sejauh mana kita mampu memberikan pemahaman demokrasi. (PPK.Dungkek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *