AYO CERMATI DPS

Gapura, kpu-sumenepkab.go.id – Untuk kesekian kalinya, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Panagan melaksanakan tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018.  Pada kali ini, Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa Panagan sedang melakukan pencermatan dan pengecekan  terkait Data Pemilih Sementara (DPS) sebagai dasar menuju DPS Perbaikan yang nantinya akan diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk ditetapkan sebagai Data Pemilih Tetap (DPT) 04/04.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Ahad, 01 April 2018 bertempat di Sekretariat PPS Desa Panagan. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 – 11.00 WIB tersebut membincang tentang pemutakhiran Data Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Aparat Desa Panagan dan juga tokoh-tokoh masyarakat setempat yang berjumlah 28 orang tersebut menemukan bahwa masih terdapat beberapa nama calon pemilih yang belum terdata dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) tersebut.

Tidak hanya itu, berdasarkan kegiatan tersebut juga ditemukan adanya tiga (3) nama Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dengan rincian: satu orang meninggal dunia atas nama Muhari, dusun raas RT 004/RW002. Sedangkan dua orang diketahui telah pindah domisili sehingga tidak boleh diajukan sebagai DPS Desa Panagan. Dalam kesempatan itu pula, hadir salah satu Anggota PPK Kecamatan Gapura sekaligus melakukan monitoring terhadap tahapan pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) di desa Panagan.

Adanya beberapa temuan yang disampaikan oleh tokoh masyarakat dan beberapa aparat desa tersebut membuktikan bahwa tingkat partisipasi masyarakat desa Panagan terhadap tahapan proses pemelihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 sangat tinggi. Hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Ketua PPS desa Panagan. Hozaifah selaku ketua PPS mengatakan bahwa ia cukup senang dan puas dengan kekompakan masyarakat dalam setiap tahapan persiapan pemilu. “kami tidak menyangka, bahwa masyarakat akan kompak dan antusias dalam kegiatan ini, sebab sekarang kan musim orang kerja di sawah, namun semua undangan yang kami sebar, ternyata semuanya hadir. Ini membuktikan bahwa mereka memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pelaksanaan pemilihan Gubenur” ungkapnya dengan penuh semangat. (HZ/SU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *