APEL PAGI AWALI COKLIT SERENTAK PPS DESA BATU BELAH TIMUR

Insert: petugas PPDP saat melakukan coklit dirumah warga

Batubelah Timur, kpud-sumenepkab.go.id – Mengawali Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak Nasional,  PPDP dan PPS Desa Batubelah Timur menggelar apel berlokasi di halaman Balai Desa Batubelah Timur. Sabtu (20/1)

Sukiyanto, Ketua PPS Desa Batubelah Timur memaparkan bahwa apel tersebut sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan yang digelar secara bersamaan di 171 daerah; baik provinsi, kabupaten/kota di Indonesia yang menyelenggarakan pilkada tahun ini. “Apel ini penting dalam rangka mengetahui kesiapan para penyelenggara ataupun petugas dalam menyukseskan Gerakan Coklit Serentak Nasional,” kata Sukiyanto setelah selesai apel.

Coklit di Desa Batubelah Timur berjalan sejak pukul 08.03 WIB dan akan terus berlangsung hingga pendataan selesai. Untuk diketahui Batubelah Timur terdiri atas 3 TPS (Tempat Pemunguta Suara) yang masing-masing terdiri dari 1 PPDP. Diharapkan dengan adanya coklit data, kegiatan demokrasi Jawa Timur akan berjalan lancar dan bisa menyadarkan pemilih untuk tidak apatis terhadap pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Gerakan Coklit Serentak, sebagaimana ditegaskan di Surat KPU RI Nomor 60/PL.03.1.50/KPU/I/2018 tertanggal 18 Januari 2018, bertujuan untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih. Caranya dengan mendatangi rumah-rumah pemilih langsung serentak oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada waktu yang bersamaan.

Dalam surat tersebut, Ketua KPU RI, Arief Budiman, juga menegaskan bahwa setiap PPDP diwajibkan mendatangi minimal lima rumah di wilayahnya masing-masing. Demikian pula PPS, PPK serta KPU diwajibkan untuk bersama-sama PPDP mencoklit ke lima rumah warga. Dalam hal adanya pemilih yang belum memiliki KTP Elektronik, PPDP nantinya akan memeriksa kartu keluarga (KK) pemilih untuk memastikan yang bersangkutan memang penduduk setempat. Hasil kerja Gerakan Coklit Serentak tersebut nantinya akan direkapitulasi oleh KPU Kabupaten Sumenep dan dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa timur.(WDU/ZW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *