Akuntabilitas Kinerja KPU Meningkat dari CC ke B

Jakarta, kpu.go.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah melakukan penilaian, dan hasilnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bagian kementerian/lembaga negara meningkat akuntabilitas kinerjanya, dari semula peringkat nilainya CC, naik menjadi B.

KemenPANRB menilai KPU telah melakukan banyak perbaikan-perbaikan, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. Perbaikan positif itu antara lain perencanaan kinerja, rencana strategis (renstra), pengukuran kinerja sesuai pedoman, dan pelaporan kinerja sudah baik di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Arif Rahman Hakim pada acara purna bakti anggota KPU periode 2012-2017 dan peningkatan konsolidasi organisasi, Selasa (11/4) di Ruang Sidang Utama Lantai 2 KPU RI. Selain itu, kegiatan ini juga pelepasan bagi Kepala Biro Logistik dan umum yang juga memasuki masa purna bakti.

Hadir pada acara tersebut seluruh keluarga besar KPU, yaitu Komisioner KPU RI yang baru periode 2017-2022, Komisioner KPU RI periode-periode sebelumnya, pejabat dan staf Sekretariat Jenderal KPU RI baik yang masih aktif maupun sudah purna bakti, serta KPU provinsi yang hadir pada acara tersebut.

“Terkait reformasi birokrasi, pelayanan publik di sekretariat KPU meningkat juga, dari semula nilainya dibawah 60, sekarang sudah mendekati 70. Hal tersebut didukung oleh adanya pelayanan informasi PPID di seluruh satker KPU, integritas organisasi, penataan SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan peraturan perundangan,” tutur Arif.

Saat ini sudah banyak capaian-capaian kinerja, tambah Arif, dan semua sudah sesuai dengan renstra. Bahkan saat ini untuk menduduki jabatan struktural sudah sangat obyektif dengan adanya assessment. Konsekuensi positifnya, KemenPANRB juga menyetujui kenaikan tunjangan kinerja bagi KPU.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada KPU periode 2012-2017 yang telah bekerja sangat baik dan telah menanamkan dasar-dasar organisasi yang baik juga bagi kita semua. Banyak yang menilai periode ini penuh kesuksesan, dan ini awal yang baik bagi KPU baru periode 2017-2022,” ujar Arif.

Arif juga mengucapkan selamat datang kepada Komisioner KPU RI periode 2017-2022, dan selaku Sekjen KPU RI, Arif menyatakan bahwa seluruh jajaran Sekretariat Jenderal KPU RI siap memberikan dukungan administrasi dan teknis kepada seluruh Komisioner KPU RI periode 2017-2022. (Arf/red. Foto KPU/Dosen/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *