KPU Kabupaten Sumenep Sosialisasikan Undang-Undang dan Peraturan KPU tentang Pemilihan Umum Anggota DPR,DPD, dan DPRD Tahun 2014

Pada tanggal 24 Agustus 2012, KPU Kabupaten Sumenep melakukan sosialisasi undang-undang no. 8 tahun 2012, peraturan KPU nomor 07 tahun 2012 mengenai Tahapan Pemilu Tahun 2014, dan peraturan KPU nomor 08 tahun 2012 mengenai pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik calon peserta pemilu tahun 2014. Agenda sosialisasi ini adalah dengan mengumpulkan para pengurus partai politik yang berada di Kabupaten Sumenep baik partai politik yang sudah memenuhi ambang batas  parlemen pada saat pemilu lalu maupun partai politik yang baru serta partai politik lama yang pada saat pemilu lalu tidak memenuhi ambang batas parlemen yang telah ditentukan.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Sumenep  Bapak Thoha Shamadi, ST, MH. Beliau mengatakan bahwa pertemuan kali ini adalah bertujuan untuk memberi pemahaman tentang tahapan pemilu mengenai proses pendaftaran dan proses verifikasi partai politik calon peserta pemilu tahun 2014 yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumenep. Verifikasi yang akan dilakukan yaitu dengan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual sesuai dengan ketentuan undang-undang No. 8 Tahun 2012 dan peraturan KPU no. 8 Tahun 2012. Beliau juga menyampaikan kepada para pengurus partai politik yang hadir untuk dapat bekerja sama dengan baik pada saat verifikasi faktual dilakukan. Disampaikan pula bahwa KPU Kabupaten Sumenep siap untuk diundang oleh partai politik untuk memberikan sosialisasi mengenai undang undang penyelenggaraan pemilu. Beliau juga memberitahukan bahwa tugas KPU Kabupaten pada saat tahapan pendaftaran partai politik peserta pemilu adalah menerima Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dilaksanakan setiap hari kerja dari tanggal 10 Agustus 2012 sampai dengan tanggal 7 September 2012 di kantor KPU Kabupaten Sumenep pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00. 

Kemudian Bapak Hidayat Andyanto, SH, M.Si selaku anggota KPU Kabupaten Sumenep memberikan penjelasan mengenai proses pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2014 yang tertuang dalam peraturan KPU nomor 08 tahun 2012. Selanjutnya dijelaskan juga oleh Bapak Moh. Ilyas, S.Pd selaku anggota KPU Kabupaten Sumenep mengenai tahapan, program, dan jadual penyelenggaraan pemilu tahun 2014 yang tertuang dalam peraturan KPU nomor 07 tahun 2012 . Agenda kali ini ternyata menarik untuk dibahas, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para pengurus partai politik di Kabupaten Sumenep.

Acara kemudian ditutup oleh Ketua KPU Kabupaten Sumenep. Beliau mengatakan semoga pertemuan tersebut dapat memberikan pemahaman kepada semua pihak tentang penyelenggaraan pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD pada tahun 2014. (ath_KPU)

Berita terkait:

Partai NasDem menyerahkan berkas pendaftaran berupa fotocopy Kartu Tanda Aggota (KTA) di Kantor KPU Kabupaten Sumenep pada tanggal 10 Agustus 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *