KPU SUMENEP IKUTI RAKOR PEMUTAKHIRAN DATA BERKELANJUTAN

FOTO : Choirul Anam, Ketua KPU Jawa Timur Memberikan sambutan

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Syaifurrahman mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari sejak tanggal 9-10 Oktober 2019 di Kota Batu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh komisioner KPU Provinsi dan dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam. Dalam sambutan Anam mengatakan, KPU RI berharap agar proses pemutakhiran data pemilih terus berjalan baik yang akan melaksanakan pilkada maupun yang tidak. Karena jika data pemilih semakin akurat maka akan berdampak pada partisipasi pemilih semakin meningkat.

“Kita harus terus melakukan pemutakhiran data setiap saat hingga akhirnya tidak ada warga yang terlewati. Dengan semakin akuratnya data pemilih maka partisipasi pemilih dalam pilkada akan semakin naik,” katanya.

Menurut Choirul Anam, pada pilkada serentak 2020 mendatang dimungkinkan KPU akan menggunakan e-rekap dan itu menjadi tugas dan tanggungjawab divisi perdatin (perencanaan data dan informasi). Nantinya, KPPS menyetorkn nomor handpone yang akan diregister sehingga ketika pelaksanaan, KPPS hanya menfoto plano dan dikirim ke portal.

“Langkah ini untuk semakin meningkatkan transparansi pelaksanaan penyelenggaraan pilkada, sehingga semua masyarakat bisa mengikuti perkembangannya,” jelasnya. (raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *