SEBELUM TERJUN LAPANGAN PPK GANDING BIMTEK  PPDP

Insert: Suasana PPK Ganding Adakan Bimtek Terhadap PPDP

Ganding, kpud-sumenepkab.go.id,Sebanyak 77  Petugas Pemuktaakhiran Data Pemilih (PPDP) di wiliyah Kecamatan Ganding Sumenep, mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek), yang digelar oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Ganding. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Ganding kamis malam (18/01). Kegiatan bimtek tersebut merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh penyelaggara Pilkada serentak 2018, yaitu Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Muhaimin Iskandar ketua PPK Kecamatan Ganding mengatakan, peserta yang sudah ditunjuk tersebut akan dibekali tata cara  melakukan pencocokan dan penelitian Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). “Ini tugas kami memberi bekal kepada mereka sebelum turun ke lapangan, karena kami juga di bimtek oleh KPU Sumenep”. Terang Imin.

Ia berharap, petugas nantinya benar–benar turun kelapangan untuk melakukan  pencocokan dan penelitian  (coklit), sehingga nama–nama yang tercantum di DP4 sesuai dengan kondisi real dilapangan, karena dengan melakukan pencocokan dapat diketahui siapa yang sudah pindah tempat tinggal, meninggal atau menikah. “Belajar dari kasus yang terjadi sebelumnya, petugas ada yang tidak turun langsung ke lapangan sehingga ada data – data yang tidak sesuai”. Kata imin.

Mantan anggota PPK Ganding 2014 ini berharap, PPDP dapat  profesional saat pencoklitan yang akan dilaksanakan pada 20 januari sampai 18 februari 2018, karena hal tersbut berkaitan dengan hak warga untuk memililih terutama pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Dalam pelaksanaan coklit ia berharap bisa berjalan sesuai dengan petuntuk tehknis dari Komisi Pemilihan Umum, dan masyrakat bisa bekerja sama dengan PPDP saat melakukan pencoklitan. Dalam kesempatan tersebut hadir Panitia Pemungutan Suara PPS se Kecamatan Ganding, serta Pengawas Pemilu Lapangan (Panwascam), serta perwakilan Forpimka.(PPK/Su)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *