SAMAKAN PERSEPSI UNTUK TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH

Insert: PPS Gapura Barat saat melakukan Koordinasi bersama PPL

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Gapura Tengah merapatkan barisan untuk mensukseskan
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. PPS, PPL dan Sekretariat PPS berkumpul, dalam rangka menyamakan persepsi untuk meningkatkan Partisipasi Pemilih di Pilgub mendatang. (31/3).

Pertemuan bersama antara PPS, PPL sekaligus Sekretariat PPS dan PPDP, merupakan tindak lanjut dari hasil kerja yang telah menghasilkan Daftar Pemilih Sementara (DPS). dan sebentar lagi akan disusun menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). setelah sepuluh hari di Uji Publik atau di Tempel di tempat- tempat strategis di tiap TPS.

Partisipasi warga dalam memilih Pemimpinnya, tidak lepas dari peran maksimal PPS, Sekretariat PPS, PPDP dan PPL sebagai Penyelenggara di Tingkat paling bawah. Tanpa ada peran maksimal Penyelenggara, maka agak sulit untuk meningkatkan Partisipasi Pemilih.

Diakui atau tidak, saat ini sebagian masyarakat sudah memiliki kecenderungan yang paragmatis. Memilih pemimpin (Pilgub, Pilbup, Pileg bahkan Pilkades) kadang diukur dengan uang, jika saya kerja maka saya akan dapat uang segini, jika saya ke TPS (memilih) maka saya tidak akan dapat apa-apa. Begitulah statemen sebagian masyarakat yang kami temui di beberapa tempat.

Disinilah peran maksimal PPS, PPDP, staf PPS, PPL, khususnya dan Tokoh masyarakat untuk selalu menyadarkan peran penting, keterlibatan warga dalam memilih Pemimpinnya, tak terkecuali dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 27 Juni mendatang.

Dengan demikian, Sosialisasi berbagai kesempatan, bisa dilakukan oleh PPS beserta mitra kerjanya. Hal ini akan berdampak positif pada angka Partisipasi Pemilih di Pilgub nanti. (ARB-GAPURA/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *