REKRUT ANGGOTA KPPS, PPS AENG PANAS INGIN KPPS BERINTEGRITAS

Insert: Suasana Pendaftaran KPPS di Desa Aeng Panas

Pragaan, kpu-sumenepkab.go.id – Keberadaan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tingkat TPS, menjadi hal yang paling penting, demi suksesnya Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Karena sesuai tahapan Pilkada, PPS Aeng Panas membuka pengumuman menjadi anggota KPPS. Pada hari ini Jum’at  18 Mei 2018.  Pendaftar membludak datang ke Sekretariat PPS yang beralamat di Kantor Balai Desa Aeng Panas.

Para Calon KPPS datang membawa syarat-syarat pendaftaran, antara lain, berusia paling rendah 17 tahun, Setia pada Pancasila dan UUD 1945, punya Integritas, pribadi yang kuat, jujur,adil, dan berdomisili di wilayah TPS setempat. Sehat Jasmani Rohani, yang dibuktikan dengan keterangan sehat, pendidikan paling rendah SLTA dan atau bisa baca tulis, tidak pernah dipidana, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP, belum pernah menjabat 2 (dua) kali sebagai KPPS.

Salah satu pendaftar KPPS Abd Haris mengatakan,” bahwa dirinya harus antri di Puskesmas demi mendapatkan Surat Keterangan Sehat. Saya sehat lahir batin, termasuk tidak kaca mata ,” Ujarnya di tempat pendaftaran, disambut senyum pendaftar yang lain.

Sementara itu, Saiful Bahri Ketua PPS Aeng Panas, kepada para pendaftar menjelaskan ,” pentingnya persyaratan untuk syarat sebagai anggota KPPS, sesuai Surat dari KPU Sumenep Nomor : 407/PP.05.3-Pu/3529/KPU-Kab/V/2018 tertanggal 5 Mei 2018.

“Banyaknya persyaratan untuk menjadi KPPS, ini bukan untuk memberatkan calon, melainkan untuk mendapatkan anggota KPPS yang berkualitas, disiplin, bekerja keras dan cerdas, yang dapat berpengaruh pada hasil Pemilihan ,” Kata Syaiful penuh semangat. Pada kesempatan yang sama, Abd Ghafur juga menambahkan pentingnya Integritas Calon, pribadi yang kuat, jujur dan adil. Integritas ini, bukan sekedar formalitas dan jargon kosong, melainkan dimaksudkan agar Calon KPPS benar-benar jujur, adil dan punya tanggung jawab mengemban tugas sebagai Penyelenggara Pemilu,” Paparnya penuh wibawa.

Sementara Faisol, salah satu anggota PPS asal Galis, juga menambahkan,” bahwa anggota KPPS harus berasal dari Lokasi di TPS itu sendiri, agar mengenali dengan baik, pada Calon Pemilihnya,”  sambungnya, sambil lalu melayani Calon KPPS yang datang.

“Sesuai tahapan Pilkada, besok hari akhir pendaftaran, diharapkan yang belum daftar segera menyelesaikan berkas pendaftaran,” Ujar Faisol. Sampai sore hari Pukul 17.30 WIB, pendaftaran masih dibuka untuk memberi kemudahan pada Calon anggota KPPS. (zbr/Parmas/SU/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *