PPS NYABAKAN BARAT DAMPINGI PPDP SEKALIGUS SOSIALISASI.

Insert: Suasana PPS Nyabakan Barat Lakukan Coklit Kerumah Warga

Batang-Batang,kpud-sumenepkab.go.id – Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, itulah yang dilakukan oleh PPS Desa Nyabakan Barat. hampir setiap hari PPS Nyabakan Barat mendampingi PPDP melakukan pencoklitan ke rumah-rumah warga.(02/02/18).

Dalam pendampingannya, PPS Nyabakan Barat tidak hanya mengawal dan menemani namun melakukan sosialisasi terhadap warga terkait tahapan dan pendampingan kepada PPDP-nya hanya sebagai teman atau hanya sekedar mengawal kinerja PPDP saja. Sementara kesempatan sosialisasi terhadap warga tidak dimanfaatkan, padahal sosialisasi dan pendampingan sama-sama menjadi kewajiban PPS sebagai Penyelenggara Pemilu.
sosialisasi tahapan serta pelaksanaan Pilgub dan pendampingan terhadap PPDP memang dua hal yang berbeda namun kedua-duanya bisa dilakukan secara bersamaan. Dengan alasan efisiensi waktu PPS Nyabakan Barat melakukan pendampingan dan sosialisasi secara bersamaan. Misnawiya ketua PPS Nyabakan Barat menyampaikan bahwa dirinya beserta anggota PPS yang lain melakukan pendampingan kepada PPDP sekaligus sosialisasi kepada warga. “ saya bersama anggota PPS yang lain membagi jadwal untuk mendapingi PPDP turun kebawah, dengan tujuan untuk meminimalisir kesalahan data serta memastikan kinerja PPDP sesuai dengan yang seharusnya. Dan disamping itu kami juga melakukan sosialisasi karena kesempatan seperti ini kami rasa efektif untuk dilakukan sosialisasi kepada warga terkait tahapan, serta pelaksanaan Pilgub pada 27 Juni mendatang”. Tuturnya

ditempat yang berbeda Moh. Hariyanto (Anggota PPS Nyabakan Barat) yang sedang mendampingi Mu’am (PPDP) disalah satu rumah warga di TPS 4 Dusun Tanjung Desa Nyabakan Barat Jum’at sore (02/02/18) menuturkan bahwa mendampingi petugas PPDP berkunjung kerumah warga dengan cara Door to door serta berbincang-bincang langsung dengan warga adalah cara yang sangat efektif untuk melaksanakan sosialisasi. “sosialisasi non formal seperti ini (bincang-bincang langsung dengan warga) cukup efektif dibandingkan dengan sosialisasi yang formal, karena dengan cara ini ketidak fahaman warga terhadap Pilkada ini langsung terungkap,  jadi dengan leluasa kita bisa menjelaskan terhadap beberapa pertanyaan warga terkait pilkada. Sambil mendampingi PPDP yang mencoklit saya ngobrol pilkada dengan penghuni rumah. Ini yang namanya sekali berdayung dua tiga pulau terlampaui, hehe…” pungkas Hariyanto. (mh_red/Su/KSM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *