PPS: MASYARAKAT HARUS SADAR, PPDP BERTUGAS UNTUK PEMUTAKHIRAN DATA BUKAN BAGI-BAGI UANG

Insert: PPS Juruan Daya saat melakukan Evalusi dengan PPDP

Batuputih, kpud-sumenepkab.go.id –Politik uang yang terjadi di Pemilihan-pemilihan sebelumnya diperkirakan masih kental dan bahkan masih mengakar dalam ingatan masyarakat.

Menurut salah satu petugas PPDP Moh. Ruski, yang sudah turun kelapangan untuk melakukan coklit masih saja ditemui pertanyaan-pertanyaan yang mengarah kepada nilai transaksional. Misal, apa area bada pessena cong? Engkok tak melea cong mon tadak pesena (bahasa madura)

Menurut Muhdi salah satu Staff PPS mengatakan, sangat sulit menghapus praktek politik uang ketika cara berpikir politisi masih transaksional melekat dalam ingatan mereka. Sehingga jika ada sesuatu baik itu Pendataan ataupun Sosialisasi yang berkaitan dengan Pemilihan maka masyarakat akan terus bertanya tentang berapa nominal yang akan didapatkan dari hak suara yang diberikan.

Idealnya, PPDP adalah Petugas yang ditunjuk PPS atas nama Ketua KPU Kab/Kota untuk membantu PPS dalam melakukan Pemutakhiran Data Pemilih. Akibat politik uang yang terjadi pada Pemilihan-pemilihan sebelumnya, segala bentuk kegiatan yang ada kaitannya dengan Pemilihan. Daya pikir masyarakat akan bergeser ke arah nilai transaksional,” katanya Ketua PPS Desa Juruan Daya dalam diskusi bertema ‘menjawab uneg-uneg masyarakat Jurda tentang Pemilu, di Kantor Sekretariat PPS Desa Juruan Daya. Jumat (9/2)

Sebagai Ketua PPS mengajak masyarakat untuk sadar bahwa kita terjun kemasyarakat ditugaskan untuk mencocokkan Data melalui PPDP bukan bagi2 uang. PPDP merupakan ujung  tombak  KPU dalam melakukan Pemutakhiran  Data Pemilih. Oleh  karena  itu  PPDP sangat penting  perannya dalam  proses Pencocokan Data dan Penyusunan  Daftar Pemilih.

Karena strategisnya peran PPDP ini,  baik dan buruknya DPT Pilgub 2018 sangat bergantung kepada kinerja PPDP di lapangan. Jika PPDP bekerja secara optimal dalam proses verifikasi faktual,  maka DPT Pilgub 2018 diharapkan akan jauh lebih  akurat  dan  berkualitas. (DanierPolay/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *