PEMETAAN TPS PILGUB JATIM 2018 OLEH PPS ANDULANG

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Andulang, Gapura, melakukan pemetaan pemilih pemula di wilayah kerjanya hari ini (1/1). Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) pada 27 Juni nanti.

Sebagaimana instruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gapura, kalangan pemilih pemula perlu dipetakan karena untuk kali pertama kalangan ini memiliki hak suara sesuai syarat yang berlaku.

“Pemetaan ini mutlak untuk dilakukan agar semua lapisan masyarakat yang mempunyai hak pilih dapat menggunakan suaranya. Dan dari pemilih pemula yang terkawal dengan baik sehingga mereka menggunakan hak suaranya, partisipasi masyarakat akan meningkat dari pemilu sebelumnya,” papar Fathola, anggota PPS Andulang divisi teknis.

Sementara itu menurut Ketua PPS Andulang, Syahrawi, dari beberapa tahapan Pilgub Jatim 2018 PPS Andulang telah menyelesaikan beberapa proses tahapan sesuai yang dijadwalkan KPU Jatim. Mulai dari pengangkatan sektetariat PPS, pembentukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), pendataan sasaran sosialisasi, hingga pemetaan pemilih pemula.

“Proses tahapan sebelum tiba waktu pemungutan suara tak boleh diabaikan. Sebab, satu tahapan saja dilewatkan akan berdampak pada tersendatnya tahapan lain dan pada gilirannya Pilgub Jatim di Desa Andulang tak terlaksana dengan baik,” terang Syahrawi.

Hal yang sama disampaikan pula oleh Ruslan, anggota PPS Andulang lainnya. Pihaknya menjamin tahapan yang hari ini dilakukan, yaitu pemetaan pemilih pemula, dilakukan sesuai dengan arahan PPK Gapura.

“Sebelumnya, PPK Gapura menginstruksikan untuk PPS se-Kecamatan Gapura agar pemilih pemula dipetakan berdasarkan domisili sebelum dilakukan entri data pada data TPS (tempat pemungutan suara, red.) dengan merujuk pada DPT (daftar pemilih tetap, red.) pemilu terakhir pada 2015 lalu,” kata Ruslan, menerangkan. (Sw/Ar–PPK Gapura)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *