MENGENAL SRIKANDI PPK BATUPUTIH

Foto: Wati, anggota PPK Batuputih (dua dari kanan)

Batuputih, kpud-sumenepkab go.id – Jenis boleh perempuan, semangat kerja bak pahlawan, begitulah kira kira gambaran saudari Wati, S.Pd., satu satu perempuan yang menjadi penyelenggara Pilgub Jatim 2018 di tingkat Kecamatan Batuputih. Ibu dari satu anak ini berasal dari Desa juruan laok desa ujung timur di kecamatan batuputih dan hampir masuk perbatasan batang-batang.

Wati pernah menjabat PPK sebelumnya pada tahun 2015 pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep di divisi pemungutan dan penghitungan suara. Kiprahnya di batuputih sangat diperhitungkan karna beliau merupakan penggerak dari organisasi kepemudaan, seperti IPNU dan IPPNU.

Membangun Solidaritas antar perempuan itu penting, bekerja bersama dalam mewujudkan pemilihan yang berdaulat itu penting. “Walaupun saya perempuan dan ada dalam komunitas laki2 jika visi dan misi kita sama yaitu untuk mewujudkan tatanan sosial yang demokratis, berlandaskan prinsip-prinsip keadilan, kesadaran ekologis, menghargai Perbedaan dan anti kekerasan, mengapa tidak kita harus bekerjasama” pungkasnya saat di wawancarai di kediamannya.

Anak dari wati yang bernama Mahrus. Sekarang tercatat sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di wilayah surabaya. Bagi Wati, pendidikan itu penting dan harus di utamakan karenanya beliau menyekolahkan anaknya di surabaya. Prinsipnya hanya orang yang perpendidikanlah yang mampu merubah keadaan, dan kondisi situasi di lingkungan keluarga bukan bukan menjadi halangan, tapi kemauan adalah kunci utama.

Wati memang perempuan desa yang sederhana tetapi prinsip hidupnya luar biasa dan ini termasuk langka sebab sebagian wanita berfikir dirinya hanya diabdikan bagi. Sumur, kasur dan dapur. Bagi Wati, laki-laki dan perempuan memang tidak setara apalagi jika dilihat dari perspektif agama. Akan tetapi jika mau berbuat baik dan menginginkan perubahan maka lakukanlah. Karna perubahan tidak ditentukan jenis kelamin melainkan yang kuat. (PPK.Batuputih)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *