LAKUKAN MONITORING COKLIT DATA PEMILIH, INI KENDALA PPDP PPK NONGGUNONG

insert : monitoring PPK Nomggunong

Nonggunong-Sumenep,  PPK Nonggunong hari ini (27/07) melakukan monitoring kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada rangkaian tahapan coklit dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Tahun 2020.

Anggota PPK Nonggunong Ahmad Faruq selaku Divisi SDM dan Parmas mengatakan sebanyak 2.589 data pemilih yang sementara dilakukan pencocokan data oleh PPDP. “Tadi sudah dilakukan monitoring kepada PPS & PPDP yang sementara melakukan pendataan, diantaranya di Desa Sokarame Paseser sebanyak 9 petugas PPDP dan Desa Tanah Merah 3 Petugas PPDP. Ungkap Faruq.

Dikatakannya dari hasil monitoring tersebut ada beberapa kendala yang dihadapi petugas PPDP yakni banyak pemilih yang meninggal dan tidak dikenal serta tidak ada ditempat/rumah (bekerja).

“Ada juga warga yang dibawah umur, dan warga tidak dikenal di Desa tersebut. Meski demikian saya berharap dukungan dan kerja sama dari PPS dan PPDP terkait laporan mingguan, agar nantinya proses pelaporan kami ke KPU berjalan lancar sesuai tahapan.” pungkasnya.

Lanjutnya, untuk progres rekap data yang ada saat ini dari hasil monitoring yang selesai untuk Desa Sokarame Paseser 83 persen dan Desa Tanah Merah 93 persen. “Kegiatan monitoring ini dibagi sesuai zona masing-masing anggota PPK, selama 2 hari (27-28 Juli 2020).” Ujarnya.

Dirinya berharap petugas PPDP yang telah ditugaskan untuk melakukan survei lapangan dapat melakukan pendataan yang akurat kepada pemilih.

“PPDP merupakan ujung tombak dalam melakukan pendataan kepada setiap pemilih guna mendapatkan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan dalam proses Coklit. ” jelas Faruq.

Sementara itu, terpisah, Ketua PPK Nonggunong Zainul Hasan menambahkan untuk petugas Coklit data pemilih tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Setiap petugas PPDP tetap ikut protokol kesehatan Covid-19 yaitu menggunakan Masker, dan jaga jarak ketika akan melakukan pendataan kepada pemilih sehingga dapat mencegah penularan Covid-19.” tandas Ketua PPK. (FaruqNong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *