KPU SUMENEP TUNTASKAN SELURUH TAHAPAN PEMILU SERENTAK TAHUN 2019

kpu-sumenepkab.go.id,- Proses tahapan Pemilu Serentak tahun 20019 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur sudah tuntas dilaksanakan. Di akhiri dengan Rapat Evaluasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan Evaluasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pada Pemilu Tahun 2019 sebagai kegiatan pamungkas, mengundang mantan penyelenggara di tingkat Kecamatan, baik PPK maupun Panwascam yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Salah satu yang banyak disorot adalah tahapan pemungutan, penghitungan suara serta rekapitulasi  terutama di tingkat KPPS,” terang A. Warits, Ketua KPU Sumenep, pada saat membuka acara tersebut.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegitan ini adalah untuk Identifikasi masalah yang muncul dalam proses Tungsura dan Rekap dan outputnya adalah memperoleh rekomendasi terhadap permasalahan yang terjadi pada tahapan pemungutan dan penghtiungan suara serta rekapitulasi perolehan suara sebagai pengetahuan sekaligus masukan dalam penyusunan regulasi berikutnya.

Ada beberapa catatan yang disampaikan oleh PPK maupun Panwascam guna menjadi koreksi KPU pada pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 mendatang. diantaranya tentang ketelitian logistik terutama di tingkat TPS, sumber daya dan kekompakan penyelenggara Pemilu di seluruh tingkatan.

“Kami harapkan seluruh masukan tersebut bisa dijadikan acuan untuk pelaksanaan Pemilu tahun depan” tutur Imam, mantan PPK Kecamatan Pragaan. (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *