KPU SUMENEP TERIMA KUNJUNGAN ASISTEN KONJEN AMERIKA SERIKAT

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Asisten Bidang Politik Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Hasyim Widhiarto, melakukan kunjungan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, di Jalan Asta Tinggi, Kebonagung, Sumenep, Selasa (14/01/2020) siang.

Hasyim bilang, kunjungan itu dilakukan untuk menyambung kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara Pemerintah Amerika Serikat dengan pemerintah Indonesia dan khususnya para pemangku kepentingan di Jawa Timur.

“Disamping silaturrahmi, kita juga ingin mengetahui isu-isu politik menjelang pemilihan bupati tahun ini,” katanya.

Menurut Hasyim, Kabupaten Sumenep dengan geografis daratan dan kepulauan cukup menjadi perhatian, terutama terkait potensi konflik dalam pemilihan. Kemudian distribusi logistik yang ke wilayah kepulauan Sumenep juga membutuhkan kerja ekstra para penyelenggara.

“Oleh karenanya saya ingin mengetahui seperti apa peta politik di Sumenep terutama kepualauan terutama dalam beberapa pemilihan yang sudah berlalu,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Sumenep, A. Warits mengatakan, pihaknya sangat terhormat dikunjungi Asisten Konjen Bidang Politik Konjen Amerika Serikat di Surabaya, meskipun hanya sebentar dan berdiskusi soal politik di Sumenep dari pemilihan ke pemilihan.

“Meskipun Sumenep terdiri dari beberapa kepulauan tidak ada masalah baik secara penyelenggaraan maupun dalam hal pengiriman logistik pemilihan. Karena KPU Sumenep sudah siap dengan segala sesuatunya termasuk antisipasi pengiriman logistik ke pulau,” katanya.

Terkait dengan konflik, Warits melanjutkan, selama ini dari pengalaman pemilu dan pemilihan tidak ada konflik yang terjadi terkait dengan politik, meskipun secara budaya sangat berbeda utamanya di daerah kepulauan.

“Saya pikir kalau konflik itu tidak ada. Bahkan meskipun berbeda pilihan masyarakat Sumenep di daerah kepulauan tetap rukun, damai dan aman,” jelasnya. (raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *