KPU SUMENEP ; PEMUNGUTAN SUARA YANG AKSESIBEL

Insert: Ilustrasi Penyandang Disabilitas yang menggunakan Hak Pilihnya.

kpud-sumenep.go.id – Pemungutan suara yang Aksesibel,  tidak akan lepas dari peran Media, sebagai salah Penyebar Informasi secara Masif. diharapkan Media mampu menambah Pemahaman dan Kesadaran Publik,  akan Hak–Hak Politik Penyandang Disabilitas, terutama sebagai Pemilih yang mempunyai Hak Politik, maupun sebagai  penyelenggara pada  Pilkada dan Pemilu, sehingga Pemungutan Suara yang Aksesibel, menjadi Pemahaman dan Kesadaran bersama seluruh lapisan masyarakat.

Kebijakan KPU akan Pemilu Akses Disabilitas, sebenarnya telah seiring dengan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, kemudian diturunkan lagi ke dalam Peraturan di bawahnya, termasuk Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018, Tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, dalam rangka menjamin Pemenuhan Hak-Hak Politik Penyandang Disabilitas, serta Peraturan DKPP Nomor.2 Tahun 2017, Tentang Kode Etik Pedoman Perilaku Penyelenggara  Pemilu   Pasal 3 Huruf (b) dan Pasal 20.

“Pemungutan Suara yang Aksesibel bukanlah hal baru, namun karena Kesadaran dan Pemahaman masyarakat akan Pemilu, akses ini masih kurang, maka KPU merasa perlu untuk lebih menekankan lagi, Khususnya dalam bentuk Fasilitasi, maupun Partisipasi Aktif Penyandang Disabilitas dalam Pemilu, perlu menjadi Pertimbangan Khusus ”, Tutur Hepy Sebayang, dari PPUA ( Pusat Pemilihan Umum Akses ) Disabilitas, saat memberikan Materi Tentang Pemungutan Suara yang Aksesibel, menyongsong Pemilu Kada 2018 dan Pemilu Tahun 2019, di Hotel Horizon, Bekasi, Kamis (1/3).

Ilham Saputra Komisioner KPU RI,  menyampaikan, bahwa Pemilu Akses Disabilitas, perlu Pemberitaan yang terus-menerus, sehingga masyarakat tidak asing lagi dengan Wacana ini. “Kalau perlu, KPU sering-sering menggelar Kegiatan yang melibatkan Penyandang Disabilitas, sehingga Media ada alasan untuk memberitakannya”, Usulnya. (Hr/KSM).

.

 

Leave a Reply

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *