KPU SUMENEP; PELAJARI MEKANISME KERJA PENATAAN DAPIL DAN PENGHITUNGAN ALOKASI KURSI DI BIMTEK HARI KE-2

Balikpapan, kpud-sumenepkab.go.id – Pelaksanaan Bimtek hari ke-2 di Hotel Novotel Balikpapan, penyampaian materi dibagi dalam 3 kelas dengan materi mekanisme kerja penataan dapil dan penghitungan alokasi kursi. Dalam Bimtek kali ini KPU Kabupaten Sumenep mengikuti pemaparan materi di kelas B yang dimulai pukul 09.00 WITA s/d selesai.

Narasumber dalam kelas B adalah Wakil Kepala Biro Teknis dan Hupmas dengan moderator Kasubbag Pencalonan Biro Teknis dan Hupmas KPU RI. Dalam pemaparan materi dijelaskan secara detail mengenai mekanisme dan tata kerja dalam penyusunan daerah pemilihan termasuk tahapan penataan dapil yang harus dilaksanakan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

Dalam penataan dapil, KPU Kabupaten/Kota harus menggunakan sumber data DAK2 yang diterima oleh KPU RI dari Kemendagri pada tanggal 17 Desember 2017 nanti. Setelah itu KPU Kabupaten/Kota melaksanakan tahapan penataan dapil dan penghitungan alokasi kursi dengan cara berkoordinasi dengan stake holder, melakukan simulasi, uji publik, kemudian melaporkan hasil penataan dapil tersebut kepada KPU melalui KPU Provinsi. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *