KPU SUMENEP LAKUKAN EVALUASI PENETAPAN HASIL PEROLEHAN SUARA DAN PEROLEHAN KURSI PARTAI POLITIK DALAM PEMILU 2019

insert : Ketua KPU Sumenep saat memberikan sambutan

kpusumenep.go.id,- Tahapan penyelengaraan Pemilihan Umum Serentak tahun 2019 sudah berjalan dengan baik, aman dan lancar khususnya di Kabupaten Sumenep. permasalahan yang timbul selama proses kegiatan pasti ada di masing masing tahapan.

Hari ini Rabu (20/11). KPU Kabupaten Sumenep melaksanakan Rapat evaluasi penetapan perolehan suara dan kursi pada Pemilu Serentak 2019. adapun salah satu tujuan dari pelaksanaan evaluasi ini adalah untuk Mendiskusikan apa saja yang sudah berlangsung baik dan kurang baik dalam Tata Cara Penetapan perolehan suara Tata cara Penghitungan Kursi maupun tata cara penetapan calon terpilih terang warits  pada saat memberikan materi tentang evaluasi kali ini.

Selain Ketua KPU Kabupaten Sumenep, hadir juga Eko Sasmito mantan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur yang memberikan materi kali ini. Dalam penyampaian materinya, Eko sasmito lebih menekankan pada Pemilihan Umum yang berintegritas dimana didalamnya menyangkut beberapa hal yaitu : Dilaksanakan berdasarkan prinsip demokrasi dengan hak pilih yang berlaku umum & kesetaraan politik, berdasarkan asas Luber dan Jurdil, dengan Persiapan dan pelaksanaannya profesional, imparsial, dan transparan; Adanya Pemangku kepentingan yang berintegritas ; Penyelenggara yang berintegritas; Peserta / Pasangan Calon yang berintegritas; Pemilih yang berintegritas; Masyarakat Sipil yang berintegritas; Pemerintah yang berintegritas; dan apabila seluruh komponen itu bisa dilaksanakan dengan baik, maka kemungkinan terjadinya sengeketa dan permasalahan hukum bisa dipersempit , tutupnya.

“Evaluasi seluruh tahapan memang sangat diperlukan agar kedepannya pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Sumenep khususnya bisa dilaksanakan dengan baik dilihat dari  segi kwalitas maupun kwantitasnya ” tutup Warits. (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *