KPU SUMENEP ; KANTOR KPU KABUPATEN SUMENEP

Gedung kantor ( sebelah kanan) , pendopo (sebelah kiri) dan gudang ( paling belakang)  KPU Kabupaten Sumenep dilihat dari pintu masuk.

 

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id. sepintas kalau dilihat dari jalan raya kantor KPU Sumenep  tidak lah tampak seperti kantor pada umumnya. Kantor yang ada di jalan asta tinggi nomor 99 tepat nya di desa kebonagung ini memang tampak asri. Karena dikelilingi oleh lahan kosong berupa sawah atau ladang  yang di manfaatkan oleh penduduk sekitar untuk bertani dan bercocok tanam .  Yang paling menonjol dari kantor KPU adalah pendopo berbentuk joglo yang sangat tinggi.dengan ukuran selitar 15 m x 15 m dan tinggi sekitar 16 meter  disitulah tempat biasanya KPU Sumenep melakukan rapat pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten.

Disebelah selatannya ada bangunan yang berukuran sekitar 13m x 15 m. di gedung itu segala aktifitas KPU sumenep digerakkan.mulai dari ruangan komisioner dan ruang sekretaris dan juga para staff. Mungkin memang jauh dari kata ideal. Tapi semua itu tidak mengecilkan semangat personil KPU untuk memberikan yang terbaik demi tegaknya demokrasi di Kabupaten Sumenep pada khususnya.

Menurut informasi dari warga sekitar, bangunan kantor ini dulu dibangun pada sekitar tahun 1985 yang  rencananya akan dibuat museum. Tapi entah kenapa sampai saat ini rencana tersebut belum tercapai, Kalu dihitung berarti bangunan tersebut sudah berusia sekitar 31 tahun.jadi hal-hal yang tidak lazim kadang sering tejadi di kantor ini tutur wanto salah satu penjaga malam kantor ini. Sampai pada akhirnya sekitar tahun 2008 KPU diperkenankan meminjam pakai  bangunan ini untuk digunakan sebagai kantor. perlu proses yang panjang sebelum kantor ini ditempati, kita bisa bayangkan bangunan kosong yang sudah sekitar 23 tahun tidak ditempati, pasti banyak tumbuh tanaman  liar yang sangat lebat. Menurut tasir satpam KPU yang ikut membersihkan kantor ini, perlu waktu sekitar 3 minggu dengan tenaga berjumlah 5 orang untuk membersihkan tanaman liar di sekitar kantor ini dan juga melakukan penimbunan untuk akses jalan, karena jalan yang ada saat ini dulunya adalah sawah yang posisinya turun sekitar 1 meter.

Yang menjadi satu kelebihan dari kantor KPU sumenep adalah tersedianya  bangunan yang luas dengan ukuran sekitar 16 x 50 meter yang  saat ini digunakan sebagai gudang  menurut informasi, rencananya dulu gedung tersebut  akan digunakan untuk memajang benda-benda bersejarah.  Jadi kalau dilihat di kabupaten lain logistik sisa pemilu itu ada yang dibiarkan di tempat tebuka atau dihalaman.atau mungkin di tempatkan di gudang. Kalau di KPU Sumenep semua logistik bisa masuk ke gudang, walaupun tentunya bisa dimaklumi banyak  titik-titik kebocoran disana sini kalau hujan lebat dikarenakan kayu atap yang sudah lapuk dan genteng yang merosot. ( Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *