KPU SUMENEP IKUTI SOSIALISASI KESIAPAN PILKADA SERENTAK

 

FOTO : Chairul Anam, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur memaparkan kesiapannya menggelar Pilkada Serentak di Jawa Timur Tahun 2020

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep mengikuti Rapat Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2020 yang Luber, Jurdil, Aman dan Lancar. Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu dipusatkan di Hotel Aston Jalan Mayjen Sungkono, Kota Madiun, Jawa Timur, selama dua hari sejak Kamis 18 Juli hingga Jumat 19 Juli 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Jawa Timur, Chairul Anam, Ketua Bawaslu Jatim, Muhammad Amin, perwakilan dari Kemendagri, Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya. Sedangkan dari KPU Sumenep, hadir langsung A. Warits, S.Sos, Ketua KPU Sumenep. Warits menjelaskan, rapat tersebut hanya untuk mengetahui kesiapan sejak awal bagi kabupaten dan kota di Jawa Timur yang akan menggelar pilkada serentak pada 23 September 2020, termasuk juga Kabupaten Sumenep. “Untuk itu, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur telah menyampaikan tentang kesiapannya bersama dengan KPU Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada serentak,” katanya, Jumat (19/7/2019).

Menurut Warits, hal-hal penting yang disampaikan KPU Provinsi Jawa Timur dalam kesempatan itu, bahwa KPU kabupaten/kota sudah merencanakan estimasi kebutuhan anggaran, perawatan DPT, dan kesiapan dalam penerapan teknologi informasi demi mewujudkan KPU yang terbuka dan transparan. Seperti sistem informasi penghitungan (Situng), Sistem Informasi data pemilih (Sidalih) dan Sitem Informasi Partai Politik (Sipol). “Pada intinya, seperti yang disampaikan oleh KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota termasuk Sumenep sudah siap untuk menggelar pilkada serentak tahun depan,” tegas Warits.

Pada tahun 2020 mendatang, ada 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang akan menggelar Pilkada serentak, yaitu Kabupaten Sumenep, Jember, Banyuwangi, Ponorogo, Pacitan, Terenggalek, Ngawi, Kediri, Lamongan, Tuban, Gersik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sidoarjo, Kota Blitar, Kota Pasuruan dan Surabaya. (raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *