KPU SUMENEP IKUTI RAPAT EVALUASI TAHAPAN PEMILU 2019

FOTO : Rapat Evaluasi dihadiri oleh Para Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengikuti rapat evaluasi tahapan pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan umum tahun 2019. Kegiatan yang akan digelar selama dua hari itu dipusatkan di Hotel Sighasari Resort, Kota Batu (31 Agustus-1 September 2019).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam itu dihadiri oleh anggota Komisioner KPU Jawa Timur, Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur serta seluruh anggota KPU kabupaten/kota divisi Teknis dan Kasubag Teknis. Sedangkan dari KPU Sumenep hadir langsung Dr. Rahbini Divisi Teknis dan Adi Tri Kasubag Teknis.

Choirul Anam, Ketua KPU Jawa Timur dalam sambutan pembukaanya bilang, evaluasi tersebut dilakukan untuk melihat dan mengevaluasi semua tahapan pemilu 2019, baik pemilu legislatif (DPR RI,  DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota),  DPD RI dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

“Harapan dari Kegiatan evaluasi ini adalah untuk melihat dan mengevaluasi semua tahapan, baik kekurangan-kekurangan yang terjadi pada pemilu yang lalu agar dapat diperbaiki,  begitu juga kelebihan-kelebihan dan prestasi KPU dalam menyelenggarakan pemilu yang lalu,” katanya.

Menurut Choirul Anam, semua prestasi yang telah didapat agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan agar proses pemilu dan demokrasi ke depan bertambah baik dan sempurna serta dapat meningkatkan trust (kepercayaan) masyarakat kepada KPU sebagai garda depan pengawal demokrasi di Indonesia.

“Sehingga mejadi harapan pula, output dari pemilu dapat mengahasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang amanah dan berintegritas dalam menjalankan amanah rakyat,” tegasnya.

Sedangkan Rahbini, menambahkan, terkait dengan pelaksanaan pemilu di Sumenep kemarin memang harus diakui berjalan baik dan lancar, dan nyaris tanpa kendala. Hal itu tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat sekaligus juga kinerja KPU Sumenep yang professional.

“Karena divisi teknis ini adalah jantungnya pemilu, maka sangat penting hal-hal positif yang telah dilakukan untuk ditingkatkan dalam pelaksanaan pilkada mendatang, dan terus mengajak masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pilkada 2020,” katanya. (raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *