KPU SUMENEP HADIRI SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF

kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menghadiri kegiatan “Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Melalui Pagelaran Seni Budaya Lokal Sumenep”. Kegiatan tersebut digelar oleh Bawaslu Sumenep bertempat di depan Labeng Mesem Sumenep, Sabtu (16/11/2019) malam. Hadir dalam kesempatan itu Rafiqi, Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Sumenep.

Kegiatan itu dikemas dengan pagelaran seni budaya lokal seperti baca puisi yang dilakukan Si Celurit Emas, D. Zawawi Imron, A. Faizi Budayawan dari PP. Annuqayah Guluk-guluk, Pementasan Sastra dari Sanggar Lentera, dan juga musik seni yang dipimpin Oleh Turmudzi Djaka. Kemudian dimeriahkan juga oleh Rocker Legendaris asal Sumenep, Encung Hariyadi.

Moh. Amin, Ketua Bawaslu Jatim dalam sambutannya mengatakan, pengawasan partisipatif sangat penting dilakukan oleh semua masyarakat dalam mengawal demokrasi terutama Sumenep yang akan menggelar Pilkada serentak tahun depan. Sebab, dengan banyaknya pengawasan maka sangat kecil adanya kecurangan.”Sosialisasi ini sangat penting karena tahun depan Sumenep akan menggelar pilkada dan perlu pengawasan kita bersama,” katanya.

Sementara, Anwar Nuris, Ketua Bawaslu Sumenep juga bilang, pengawasan partisipatif sangat penting mengingat jumlah pengawas yang ada sangatlah terbatas. Oleh karena ia mengajak kepada kaum milineal terutama untuk terlibat aktif dalam setiap pengawasan pemilihan.

“Melalui kegiatan pagelaran seni ini kita mengajak kepada masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan,” harapnya.Kegiatan yang diikuti oleh para mantan pengawas pemilu di Sumenep itu, dihadiri pula oleh sejumlah anggota Bawaslu Jatim, sejumlah bawaslu kabupaten/kota di Jawa Timur. (raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *