KPU SUMENEP ; HADIRI RAKOR MUTARLIH

insert : suasana rakor mutarlih

kpusumenep.go.id,- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep yang di wakili oleh komisioner KPU Divisi Pemutakhiran data ” Syaifurrahman ” dan satu orang operator Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) menghadiri rapat koordinasi yang dilaksanakan pada hari (Rabu-Kamis, 10-11/7) di kantor KPU Kabupaten Mojokerto, jalan Raak Adinegoro Mojokerto. Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka mengkoordinasikan pemutakhiran daftar pemilih (Mutarlih) berkelanjutan menghadapi Pemilu serentak tahun 2020 mendatang.

Acara dibuka sekitar jam 2 siang. Dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya, sambutan selamat datang dari Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan acara oleh Ketua KPU Jatim.

Dalam sambutannya Ketua KPU Jatim, Choirul Anam  menyampaikan munculnya istilah pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan sekitar tahun 2016. “Yang artinya setelah pemilu pemutakhiran daftar pemilih ini tidak boleh berhenti,” katanya. Pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan menurut Ketua KPU Jatim menjadi sangat penting untuk menghasilkan data pemilih yang seakurat mungkin dan sekomprehensif mungkin. “Sehingga tidak ada lagi permasalahan DPT dalam pemilihan,” ujar Anam.

Anam melanjutkan, “Kawan-kawan perlu hati-hati dalam mengelola data pemilih, karena mengelola data ini tidak mudah. Dengan latar belakang Komisioner baru yang berasal dari berbagai macam disiplin ilmu, harapannya segera belajar, kalau perlu belajar ke operatornya. Sehingga bisa dipahami betul bagaimana proses alur pemutakhiran data pemilih, dan paham dalam membuat kebijakan”. Menutup sambutannya, Divisi Data dan Informasi KPU Jatim 2014-2019 ini berharap kedepan tidak ada lagi permasalahan terkait data pemilih, karena DPT sudah semakin akurat. (Hr/Ksm)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *