KPU SUMENEP; GELAR UJI PUBLIK, USULAN PENATAAN DAPIL PEMILU 2019

Insert: suasana kegiatan Uji Publik, usulan Penataan Dapil pada Pemilu 2019

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep sudah melakukan beberapa tahapan terkait penataan Dapil Pemilihan. Disamping memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan, hari ini kegiatan Uji Publik, usulan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD Kab. Sumenep dalam Pemilihan Umum 2019 di tingkat Kabupaten Sumenep yang bertempat di Aula hotel C1. (7/2)

Laporan yang disampaikan oleh Anwar Syahroni Yusuf, AP, M. Si Sekretaris KPU Kabupaten sumenep bahwa  dasar pelaksanaan Uji publik ini adalah UU no 7 2017 , PKPU 7 2017 PKPU 16 217 PKPU 5 2018 serta hasil rapat pleno 5 Februari 2018.

menurut A Warist, S. Sos Ketua KPU Sumenep dalam sambutannya diharapkan tawaran alokasi kursi bisa diterima oleh semua elemen masyarakat. Segala sesuatu  yang berhubungan dengan alokasi kursi dan Penataan Dapil sudah dikaji secara mendalam sesuai kaidah- kaidah dan aturan yang berlaku. Adapun proses penentuan jumlah kursi diawali dengan diterimanya DAK 2 dari Dispendukcapil dilanjutkan dengan dibagi jumlah kursi yanga ada di Kabupaten Sumenep.

Materi Uji Publik selanjutnya disampaikan oleh Komisioner KPU  yang membidangi usulan Penataan Dapil dan alokasi kursi untuk Pemilu 2019. Disampaikan bahwa Kegiatan Penataan Dapil telah dilakukan beberapa kali. Diawali dengan mengundang Stake holder, tahap selanjutnya dilakukan simulasi Dapil dengan Panwaslu Kabupaten Sumenep, dari hasil simulasi tersebut  disampaikan kembali kepada Parpol dan Stake holder.

lanjut Malik saat ini sudah masuk dalam tahapan penyampaian usulan kepada Stake holder, Parpol dan Ormas.  Usulan tentang Penataan Dapil dan alokasi kursi sudah di unggah di Website resmi KPU Sumenep.guna menampung masukan dari masyarakat. Disampaikan dalam materi ini tentang  landasan hukum, definisi Dapil, prinsip Penataan Dapil, ketentuan jumlah kursi pada Penataan Dapil, mekanisme penghitungan alokasi kursi, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Penataan Dapil,  masukan saran dan lain-lain sehingga dapil yang ada di kabupaten sumenep bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumenep. (Hr/zw)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *