KPU SUMENEP GELAR BIMTEK PENGELOLAAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN KEUANGAN DANA HIBAH PILGUB JATIM TAHUN 2018

insert: acara BIMTEK, pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan di aula hotel utami sumenep

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan dan pertanggung Jawaban Keuangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 bertempat di aula hotel utami sumenep, Rabu (11/1).

Sekretaris KPU Kabupaten Sumenep sebagai ketua panitia dalam kegiatan bimtek pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur jawa timur 2018, Pelaksanaan ini di dasari atas surat sekretaris KPU provinsi tanggal 12 desember 2017 tentang penjelasan penggunaan dana hibah tranfer kedua pada KPU kabupaten Sumenep, dan hasil rapat pleno KPU pada tanggal 5 januari 2018. Dalam laporannya menyampaikan PPK dan PPS bisa melaksanakan pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan khususnya dana hibah pilgub 2018.

“Acara ini adalah BIMTEK pertama dan dilanjutkan dengan Pembukaan rekening pada PPK sekabupaten sumenep, berdasarkan rapat bersama ketua KPU, kita melaksanakan penyaluran dana hibah dalam rangka pelaksanaan pilgub ada tiga bank, Yang mengkoordinir bank mandiri karena memang MOU ditingkat KPU provinsi dengan bank mandiri, mengingat letak geografis kita yang sangat luas ada daratan dan kepulauan sehingga keputusan KPU sumenep bagaimana kita berupaya pendekatan dalam penyaluran melalui bank mandiri, bank BRI dan bank BPRS Sumekar”, terang, Anwar, Sekretaris KPU Sumenep

Tujuan diadakan Bimtek ini yakni untuk mewujudkan pertanggungjawaban keuangan yang akuntabel dan transparan dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan kebijakan akutansi pemerintah; untuk memeroleh kesamaan pemahaman pada semua pihak di lingkungan KPU yang terlibat dalam pengelolaan Dana Hibah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota; dan untuk mewujudkan tertib administrasi penggunaan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Sumenep, A. Warits, S. Sos. Beliau menjelaskan bahwa maksud dan tujuan Bimtek adalah berdasarkan PKPU no 3 tahun 2015 tugas dan fungsi ketua dan sekretariat, harus berkesinambungan antara ketua dan sekretariat agar pelaksanaan pemilihan guburnur dan wakil gubernur berjalan dengan lancar,

“PKPU no 3 tahun 2015 tugas dan fungsi ketua dan sekretariat, harus berkesinambungan antara ketua dan sekretariat agar pelaksanaan pemilihan guburnur dan wakil gubernur berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Kedudukan Sekretariat PPK dalam pelaksanaan penyelenggaraan  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 dalam membantu kelancaran tugas-tugas PPK adalah untuk mengelolaan anggaran kegiatan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan yang dilaksanakan oleh Sekretariat PPK.

Materi Bimtek pengelolaan keuangan  disampaikan oleh Kasubag  Keuangan Umum dan Logistik KPU Kabupaten sumenep, Hj. Dewiyani MM., beliau memaparkan Anggaran Keuangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 dan menjelaskan secara terinci peruntukan penggunaan anggaran tersebut, sehingga ada keseragaman di tingkat Sekretariat PPK.

Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaandan pertanggung jawaban keuangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, di hadiri komisioner KPU, ketua PPK , sekretaris dan bendara PPK sekabupaten sumenep, serta BANK Mandiri, BANK BRI, BANK BPRS Bhakti sumekar. (ZALWI/ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *