KPU PROVINSI JATIM GELAR BIMTEK STRATEGI SOSIALISASI PARMAS

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) Strategi Sosialisasi dalam rangka Peningkatan Partisipasi Masyarakat (Parmas) yang digelar di Kafe Rame-rame Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, 31 Oktober 2019 – 2 November 2019.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur terutama Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, serta Kasubag Teknis KPU Kabupaten/kota.

Selama tiga hari tersebut, para peserta diberi pendidikan strategi menangkal hoax, pengembangan kapasitas diri dalam peningkatan parmas pada pilkada, dan juga pendidikan dinamika kelompok untuk membangun kerja sama yang baik.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang membincang soal  penyusunan SOP strategi pemanfaatan dan peayanan Rumah Pintar Pemilu (RPP), media centre dan website serta penggunaan media social sebagai salah satu sarana peningkatan partisipasi masyarakat dalam pilkada 2020.

“Saat ini sudah masuk tahapan dan sosialisasi pilkada serentak 2020, sehingga strategi penyelenggara harus benar-benar dilakukan dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat,” kata Gogot Cahyo Baskoro, Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Provinsi Jawa Timur.

Menurut Gogot, strategi peningkatan parmas harus dilakukan dengan banyak cara dan dengan inovasi dari masing-masing kabupaten/kota terutama yang akan menggelar pilkada serentak tahun 2020.

“Kita berharap dengan Bimtek ini kawan-kawan yang akan menggelar pilkada terutama bisa melakukan inovasi dan trobosan dalam upaya sosialisasi peningkatan parmas,” harapnya. (raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *