HOZAIFAH, SRIKANDI PPS DESA PANAGAN-GAPURA

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id -Setengah tahun lebih ke depan, warga Desa Panagan akan sering berjumpa dengan Hozaifah dalam suasana yang agak berbeda. Jika sebelumnya mereka mengenal Hozaifah sebagai seorang wanita punggawa Desa Panagan urusan register desa, kini mereka juga akan mengenalnya sebagai ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Panagan, salah satu desa dari 17 desa di Kecamatan Gapura ini.

Melihat Hozaifah sebagai penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub Jatim) Tahun 2018, bukan hal asing bagi masyarakat Panagan. Karena sebelumnya, Hozaifah telah beberapa kali terlibat dalam pemilihan.

Sebagaimana diakui sendiri oleh wanita yang pernah menjadi ketua Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Desa Panagan ini, ia pernah menjadi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbub) Sumenep 2015 lalu, Hozaifah menjadi petugas sekretariat PPS di desa tempatnya dilahirkan itu.

Ditanyai soal proses menjadi penyelenggara pemilihan, wanita yang menempuh pendidikan dasar di SD Gapura III, lalu SMP Gapura, dan kemudian SMK Kalianget ini, menjawab, “Karena sekarang perekrutan PPS tidak melalui rekomendasi kepala desa, saya nyoba ikut tes. Alhamdulillah lulus dan malah dipercaya menjadi ketua oleh teman-teman PPS Panagan,” ujarnya.

Diakui oleh Hozaifah, ia merasa senang mempunyai kesempatan menjadi PPS. Baginya, menjadi PPS adalah peluang besar untuk belajar mewujudkan cita-cita demokrasi, terutama di wilayah kerjanya di Desa Panagan.

“Bagaimana pun, penyelenggara harus mampu memastikan setiap warga negara yang memenui syarat memilih, terjamin haknya untuk menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni nanti. Tidak hanya itu, kita berkewajiban mensosialisasikan tahapan Pilgub Jatim pada masyarakat sehingga mereka sadar pentingnya menggunakan hak suara dan tidak menjadikan golput sebagai solusi,” pungkas wanita yang di desanya terlibat aktif memberdayakan kaum perempuan lewat Kompolan Kadung Taresna yang ia dirikan dan ia ketuai. (Ar–PPK Gapura)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *