HARI KE- 7 COKLIT BERJALAN LANCAR

Insert: petugas PPDP saat mencoklit di rumah warga

Batuputih, kpud-sumenepkab.go.id – Hingga hari ketujuh tahapan pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Juruan Daya belum menemukan sejumlah temuan yang mengandung unsur pengawasan (26/1). Divisi Sosialisasi dan Hukum Sugiyanto, S.Pd. meminta terhadap PPDP setempat agar supaya dalam pelaksanaan Pemutakhiran Daftar Pemilih bisa dilakukan semaksimal mungkin dan terus semangat dalam melaksanakan tugasnya.

PPS Desa Juruan Daya akan terus update laporan setiap harinya terkait dengan hasil Pemutakhiran Daftar Pemilih yang dilakukan oleh PPDP agar supaya pencoklitan serentak ini dilakukan dengan baik dan tidak ada temuan-temuan yang tidak di inginkan oleh PPS. Mengingat jadwal waktu pemutakhiran daftar Pemilih masih cukup panjang, maka diharapkan kepada semua PPDP yang terlibat dalam proses tersebut agar benar-benar mendata dan melaksanakan tugasnya secara riil. Artinya PPDP diharapkan benar-benar datang dari rumah ke rumah guna melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) agar diperoleh data yang akurat, ujar Sugiyanto, S.Pd. pada PPDP di sekret PPS

Sejauh ini, memang belum ada temuan ataupun pelanggaran di lapangan. Namun PPS Desa Juruan Daya tetap menghimbau kepada PPDP agar tahapan pemutakhiran data tersebut bisa dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Sebelumnya, jelang tahapan pemutakhiran daftar pemilih pada Pilgub Jatim Tahun 2018, PPS Juruan Daya mulai berancang-ancang ‎melakukan pengawasan terhadap kinerja PPDP. Hal tersebut ditegaskan oleh Divisi Sosialisasi dan Hukum Sugiyanto, S.Pd.  bahkan pihaknya mengatakan PPS tidak ingin kecolongan atas kinerja PPDP dalam menjalankan tugas dan fungsinya, mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018 mendatang. “Jangan sampai mereka hanya duduk di belakang meja, tidak melaksanakan pengawasan secara door to door ke lapangan. Ini yang menjadi atensi pengawasan kami pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih nantinya,” ,ujar Sugiyanto, S.Pd. sebagai Divisi Sosialisasi dan Hukum

Agar pengawasan pemutakhiran daftar pemilih berjalan sebagaimana diharapkan, PPS Desa Juruan Daya meminta adanya bukti penempelan stiker di setiap rumah yang telah didatangi PPDP. Hal itu dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. “Pemilih ini sangat krusial disetiap event pemilihan. Oleh karena itu, kita (PPS) berharap pemutakhiran daftar pemilih nantinya benar-benar akan diperoleh data yang valid,” (PPS Desa Juruan Daya/ZW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *