DETEKSI 1.102 DATA GANDA, PPK PANGGIL PPS SE KECAMATAN LENTENG

Insert: PPK Lenteng saat adakan rakor bersama PPS

Lenteng, kpu-sumenepkab.go.id – Menyambut pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di tingkat Desa yang akan diselenggarakan secara serentak oleh PPS se Kecamatan Lenteng pada tanggal 10 April 2018, PPK Lenteng menggelar rapat kerja bersama 20 PPS Divisi Perencanaan dan Data pada hari minggu, (07/04) bertempat di Sekretariat PPK Lenteng.

Kegiatan ini berjalan diantara semakin dekatnya hari H pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur yang akan diselenggarakan pada hari Rabu, 27 Juni 2018 nanti. Sampai saat ini tahapan-tahapan yang terus berlangsung salah satunya adalah kelanjutan tahapan perbaikan daftar pemilih sementara.

Hamdan selaku Divisi Perencanaan dan Data PPK Lenteng menyampaikan, bahwa jumlah data pemilih merupakan acuan dalam menentukan jumlah surat suara yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pemilihan, hal itu juga bisa dijadikan bahan gugatan sengketa pemilihan. “Oleh karena itu, saya berharap kepada semua PPS sebelum dilakukan pleno DPSHP di masing-masing agar untuk lebih cermat dan teliti lagi dalam mengolah dan mensinkronisasi data pemilih, mulai dari perbaikan data, input data pemilih yang belum masuk DPS, hingga cek data pemilih ganda, sehingga nantinya dapat dihasilkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang benar-benar valid dan akurat”. Jelas Hamdan mengawali rapat kerja tersebut.

Kemudian Ia menambahkan, bahwa untuk data ganda di kecamatan Lenteng secara keseluruhan terdeteksi mencapai 1.102 orang, baik ganda antar TPS, antar desa maupun antar kecamatan. “Untuk itu, saya minta kepada teman-teman PPS untuk bisa mengatasi hal tersebut sesuai dengan mekanisme yang ada, untuk ganda antar TPS tinggal menandai/menghapus salah satunya, sedangkan untuk ganda antar desa hendaknya PPS menyelesaikan melalui komunikasi dg desa yang bersangkutan”. Ujarnya.

Setelah memberikan arahan dan tata cara melakukan perbaikan data khususnya data ganda, Hamdan kemudian memberikan daftar nama-nama ganda di masing-masing desa kepada PPS, untuk dilakukan pengecekan, penghapusan dan pebaikan, selanjutnya diplenokan secara serentak pada hari Selasa, 10 April 2018 khusus PPS Kecamatan Lenteng. (Jeff/zw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *