COKLIT SERENTAK 20 JANUARI 2018. PPK GAPURA BESERTA PPS SERIUS KAWAL PPDP HINGGA KE RUMAH WARGA

Insert:PPDP saat mendatangi rumah warga

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id –Coklit serentak di seluruh Indonesia pada hari sabtu, 20 Januari 2018 berlangsung sangat spektakuler, moment itu tidak hanya mendapat apresiasi dari berbagai pihak, bahkan Musium Rekor-Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada KPU atas rekor coklit daftar pemilih dalam pemilihan kepala daerah serentak dan terbanyak tersebut. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi para penyelenggara pemilihan baik di tingkat pusat hingga ketingkat desa.(20/1)

Dalam moment tersebut, sebanyak 385.791 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau PPDP secara bersama-sama turun langsung ke rumah calon pemilih yang namanya tercantum dalam form model A-KWK. Pendampingan secara langsung juga di lakukan oleh 223.482 orang yang terdiri dari 155 orang dari komisioner KPU Provinsi, 381 orang dari komisioner KPU Kab/Kota, 27.820 orang PPK, dan 193.602 orang PPS. Sebanyak 1.928.955 rumah berhasil dicoklit secara serentak dalam satu hari tersebut.

Ini adalah bukti konkret dari Komisi Pemilihan Umum dalam mensukseskan pemilihan Kepala Daerah pada 27 Juni 2018 mendatang, di mana akurasi data pemilih menjadi komposisi utama dalam melaksanakan pemilihan. Melalui surat edaran Nomor: 59/PL.03.1-SD/3529/KPU-Kab/I/2018, KPU Kabupaten Sumenep memberikan beberapa instruksi penting terkait dengan coklit serentak yang sifatnya wajib dilaksanakan demi sukses dan lancarnya kegiatan tersebut. Seperti Apel pagi PPK dengan PPS, dan PPS dengan PPDP sebelum berangkat ke rumah-rumah warga, semua kegiatan dilaporkan secara tertulis dan dilengkapi dokumen gambar, dll.

Untuk itu, PPK Gapura sebagai salah satu penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan juga tidak main-main dalam mengawal kegiatan tersebut, pendampingan dilakukan dengan membagi 17 Desa menjadi 4 wilayah, 8 orang anggota PPK dan sekretariat dibagi menjadi 4 kelompok untuk terjun langsung ke lapangan. Begitu juga dengan PPS dan sekretariatnya, secara khusus juga diwajibkan melaksanakan instruksi sesuai dengan yang sudah disampaikan dalam surat edaran PPK nomor: 015/PPK.GAPURA/I/2018. Sebagai tindak lanjut dari instruksi yang telah diberikan KPU Kab. Sumenep. Semoga di hari-hari berikutnya PPDP terus bisa maksimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. (AQ.PPK Gapura/ZW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *