CEK VALIDITAS DATA PEMILIH, PPS GELAR SOSIALISASI AYO CERMATI DPS

Insert: Cek Validitas Data Pemilih

Giligenting, kpud-sumenepkab.go.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Banmaleng, Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep, menyelenggarakan kegiatan “Ayo Cermati DPS (Daftar Pemilih Sementara)” di Sekretariat PPS Banmaleng, Minggu (01/04/2018).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kecermatan panitia dalam mendata calon pemilih di tempat pemungutan suara (TPS), utamanya di Desa Banmaleng, pada perhelatan Pilgub Jawa Timur 2018 mendatang. Ketua PPS Banmaleng, Edy Sunaidi menyatakan, kegiatan tersebut merupakan pengecekan atas validitas data para pemilih menuju DPT (Daftar Pemilih Tetap). “Kegiatan ini untuk memastikan apakah yang bersangkutan (masyarakat setempat) sudah terdaftar atau belum untuk ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018,” kata Sunaidi saat ditemui awak media selepas acara, Minggu (01/04/2018) siang.

Lebih lanjut, Sunaidi menyatakan bahwa sebagai panitia, pihaknya akan terus berikhtiar melakukan sosialisasi dan pengecekan, agar nantinya tidak ada warga yang luput dari pendataan. “Sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya secara sah,” tegasnya. Ketika ditanya apakah ada kemungkinan peserta pemilih akan bertambah atau tidak, Sunaidi belum bisa memastikan. Sebab menurut dia, pihaknya masih terus mengupayakan validitas data di lapangan. “Kemungkinan itu ada, tapi kita lihat nanti saja,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar melakukan sosialisasi “Ayo Cermati DPS” secara serentak sejak hari Minggu (01/04/2018). KPU Sumenep juga menghimbau kepada masyarakat di kabupaten tersebut agar bisa ikut terlibat secara aktif dalam proses validasi data DPS yang ada. Maka, menindaklanjuti permintaan itulah, maka PPS Banmaleng melakukan kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh sejumlah pihak, antara lain: Ketua, anggota dan staf PPS Banmaleng, pihak PPK, Kepala Dusun, Ketua RT/RW, dan tokoh masyarakat setempat, (Fik, Syid/PPS-PPK Giligenting/SU).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *