CAMAT GANDING DAMPINGI PPS ROMBIYA TIMUR, LAKUKAN SOSIALISASI PILGUB 2018

Inset: suasana kegiatan sosialisasi pps rombiya timur bersama camat ganding

Ganding, kpud-sumenepkab.go.id- Partisipasi masyrakat merupakan salah satu kunci, kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak 2018. Untuk menekan angka golput, Panitia Pemungutas Suara (PPS), Desa Rombiya Timur, Kecamatan Ganding gencar melakukan sosialiasi kepada masyarakat, ormas, forum warga dan kelompok pemberdayaan. Hari ini, sabtu (13/1) PPS Rombiya Timur, melakukan sosialiasi Pemilihan Gubernur 2018, kepada kolompok perempuan yang konsentrasi dalam pemberdayaan ekonomi di desa tersebut.

Kegiatan itu dilaksanakan dirumah kediaman Kepala Desa Rombiya Timur Hayati,  puluhan peserta yang ikut sosialiasi yang dilakukan PPS Rombiya Timur terlihat antusias. “Ini adalah kegiatan yang seyogyanya dilakukan oleh PPS, PPK dan KPU, tapi kami sebagai panitia ditingkat PPS punya tanggung jawab untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur Jatim ini”, Kata Hanan Ketua PPS Rombiya Timur.

Diakuinya, kelompok perempuan sering dilupakan dalam proses pemilihan, padahal mereka punya hak yang sama sebagai warga Negara Indonesia untuk ikut serta dalam pesta demokrasi. Hanan manambahkan, meski tidak melibatkan peserta yang jumlahnya banyak, namun diharapakan yang hadir bisa menjadi corong atau penyampai informasi kepada yang lain, sehingga masyrakat bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur 2018, pada 27 juni 2018. Dalam kesempatan itu, PPS Rombiya Timur juga melakukan sosialiasi sadar memilih kepada klompok pertanian, peserta yang ikut merpukan gabungan kelompok tani yang ada di desa tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu camat Ganding, Ach Laili Maulidi, pihaknya berpesan agar masyrakat ikut andil dalam proses demokrasi lima tahuanan, bahkan ia berpesan untuk menjaga kondusifitas masyarakat. “Jangan sampai hanya karena beda pilihan kita bermusuhan dengan tetangga, itu menyalahin tujuan demokrasi”, ucap Laili. Ia juga berpesan kepada PPS untuk menjaga netralitasnya, karena PPS merupakan ujung tombak suskses atau tidaknya pelaksanaan pemilihan ditingkat desa.

Semenatara itu, Ainiyaturrahmah salah satu peserta dari kelompok pemerdayaan perempuan, mengaku senang bisa dilibatkan dalam sosialiasi itu, bahkan dirinya berharap kepada PPS untuk terus melakukan geakan sadar memilih dengan bersosialiasi kepada klompok perempuan lainya, karena kata aini, di Rombiya Timur cukup banyak kelompok perempuan. “Kami menyampaikan terima kasih kepada PPS Romtim, kalau tidak diberitahu kemungkinan banyak ibu – ibu yang tidak tau kapan pemilihan Gubernur, tapi Alhamdulillah dengan adanya sosialiasai sudah banyak faham pentingya memilih”,ujarnya. Dalam acara tersebut selain dihadiri oleh ketua PPS Hanan atau devisi logistic dan sosialisasi, Sukri devisi tekhnis dan Nurul Yaqien devisi perencanaan dan data.

Terpisah, Muhaimin Iskandar Ketua Pemilihan Kecamatan (PPK) Ganding, mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang digagas oleh PPS Rombiya Timur, karena itu merupakan tugas dari panitia untuk menekan angka golput terutama dalam Pilkada serentak 2018. Pihaknya berharap, PPS lain yang tersebar di 14 desa yang ada di wiliyah Kecamatan Ganding untuk gencar juga melakukan sosialisasi sadar pemilih. “Diantara tugas kita memberik kesadaran kepada masyrakat untuk tidak golput, semoga yang lain juga bisa melakukan” , tuturnya. (Skr/Hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *